Persetujuan Pengembangan Blok Tanjung Enim Tunggu Konsultasi Daerah

Anggita Rezki Amelia
27 Juli 2018, 18:21
Migas
Dok. Chevron

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) belum bisa memberikan persetujuan atas proposal rencana pengembangan (Plan of Development/PoD) pertama Blok Tanjung Enim di Sumatera Selatan. Alasannya karena masih perlu berkonsultasi dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan.

Direktur Pembinaan Usaha Hulu Migas Kementerian ESDM Ediar Usman mengatakan NuEnergy akan berkonsultasi dengan pemerintah daerah terkait proyek tersebut bulan depan.  "Akan dilakukan konsultasi dengan pemerintah Provinsi Sumatera Selatan tanggal 2 Agustus 2018 di Palembang," kata dia kepada Katadata.co.id, Jumat (27/7).

Chief Operating Officer NuEnergy Unggul Setyatmoko membenarkan rencana konsultasi daerah tersebut. Ini penting untuk kelangsungan proyek Tanjung Enim ke depan. Apalagi konsultasi dengan pemerintah daerah merupakan bagian dari prosedur persetujuan PoD pertama suatu blok migas.

Ada beberapa hal yang akan dilakukan perusahaannya selama konsultasi daerah. Pertama, memastikan pemerintah daerah mengetahui proyek pengembangan  gas batubara metana (Coal Bed Methane/CBM) di Blok Tanjung Enim. Kedua, memastikan tidak ada hambatan dalam hal tata ruang proyek tersebut. Ketiga, meminta  pemerintah daerah agar dapat membantu proses perizinan apabila diperlukan untuk keberlangsungan proyek.

Unggul berharap jika konsultasi daerah rampung, PoD pertama Tanjung Enim bisa disetujui Menteri ESDM Ignasius Jonan. Dengan begitu, bisa mulai mengembang blok nonkonvensional pertama tersebut. "Semoga setelah itu dapat segera disetujui," kata dia. 

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...