PKS dan Demokrat Sepakat Prabowo Akan Tentukan Cawapres

Dimas Jarot Bayu
31 Juli 2018, 00:36
SBY-Salim Segaf Aljufri
ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (kiri) bersama Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Salim Segaf Aljufri (tengah) dan para elite PKS lainnya di Jakarta, Senin (30/7).

Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Salim Segaf Al Jufri sepakat bakal calon wakil presiden (cawapres) akan diserahkan kepada Prabowo Subianto. Salim merupakan salah satu kandidat yang direkomendasikan dalam forum ijtima akhir pekan kemarin. 

"Walaupun kita sudah mendengar rekomendasi dari Ijtima ulama, tapi karena kami berempat tetaplah kami bahas bersama untuk bangsa dan negara," kata Salim usai bertemu SBY di Hotel Gran Melia, Jakarta, Senin (30/7) malam.

Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama menggelar forum ijtima atau musyawarah pada akhir pekan kemarin. Selain Salim, cawapres yang direkomendasikan mendampingi Prabowo yakni Abdul Somad, pendakwah  yang sedang naik daun.

SBY sendiri telah menyerahkan nama cawapres kepada Prabowo. Menurut SBY, mantan Komandan Jenderal Kopassus tersebut bakal bijak memutuskan pendampingnya dalam Pilpres 2019.

(Baca juga: Disodori Dua Cawapres, Prabowo Akan Konsultasi ke NU dan Muhammadiyah)

SBY menilai Prabowo akan mendengarkan rekomendasi dari berbagai pihak. Selain itu, Prabowo akan mampu mengkalkulasikan cawapres yang dianggapnya tepat.

"Saya yakin capres pada saatnya akan mengkomunikasikan kepada para pemimpin parpol koalisi, nah di situ lah akan ditelaah, mudah-mudahan pilihan capres adalah pilihan yang paling tepat dan paling baik," kata dia.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...