Medco Nilai Pasokan Gas untuk Pembangkit Aman Hingga 2025

Image title
2 Agustus 2018, 22:09
Medco
Medco
Medco

PT Medco Power Indonesia menilai tidak akan kekurangan gas bumi untuk memasok pembangkit listriknya hingga 2025. Ini mengacu pada jumlah ketersediaan gas di Indonesia. 

Asisten Eksekutif PT Medco Power Indonesia Kartika Ayu Handayani mengatakan cadangan gas Indonesia 143 tcf. Sedangkan produksinya bisa mencapai 7,5 bcf. “Jadi setidaknya sampai 2025 kami tidak akan kekurangan gas," kata dia kepada Katadata.co.id, Kamis (2/8).

Menurut Kartika, Medco juga diuntungkan dengan keberadaan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 45 tahun 2017. Salah satu yang dimuat dalam aturan itu adalah mengenai harga gas.

Aturan itu membolehkan perusahaan membeli LNG bila harga gas pipa lebih mahal dari patokan yang sudah ditentukan yakni 14,5% ICP. “Medco diuntungkan dengan adanya permen Peraturan Menteri Nomor 45 tahun 2017 mengenai gas wellhead dan integrasi grup, sehingga gas yang abundant tersebut dapat kami develop clean power plant dengan tarif listrik terjangkau,” ujar Kartika.

Medco memiliki beberapa pembangkit listrik tenaga gas yang tersebar di Indonesia. Di Panaran Batam, kapasitasnya 2x27,75 Megawatt (MW). Panaran II berkapasitas 2 X 27,75 MW. Adapun kapasitas PLTG Tanjung Uncang mencapai 2x35 MW. Prambumulih, Sumatera Selatan 12,5 MW.Kemudian di Palembang memiliki kapasitas 12,5 MW. Lematang Sumatera Selatan 6 MW.

(Baca: Medco Gandeng Mitra Baru di Proyek Pembangkit Listrik Jawa 1)

Tak hanya pembangkit berbahan bakar gas. Medco juga punya pembangkit tenaga air 9 MW di Cianjur, Jawa Barat. Kemudian Sarulla sebesar 330 MW.

--

catatan redaksi: berita ini sudah mengalami perubahan di judul dan beberapa bagian supaya lebih akurat. 

Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...