Kominfo Percepat Pemulihan Telekomunikasi Akibat Gempa Lombok

Desy Setyowati
6 Agustus 2018, 16:57
Pengungsi gempa Lombok
ANTARA FOTO/Zabur Karuru
Pengungsi beraktivitas dalam tenda darurat yang dibangun di kebun mereka di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Senin (6/8).

Nusa Tenggara Barat (NTB) kembali diguncang gempa berkekuatan 7 Skala Richter (SR) pada Minggu (5/8) malam. Untuk menunjang koordinasi penanganan bencana, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pun menambah fasilitas komunikasi di daerah tersebut.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Noor Iza menyampaikan, Badan Aksesibilitas Teknologi Informasi (Bakti) menyediakan telepon satelit dan VSAT Portable di pos koordinasi bencana di Lombok. "Itu untuk mendukung koordinasi penanganan bencana dan kebutuhan di pos koordinasi pengungsian," demikian dikutip dari laman resmi Kominfo, Minggu (5/8).

Tim Balai Monitoring Spektrum Frekuensi Kementerian Kominfo Wilayah NTB juga berkoordinasi dengan Organisasi Amatir Radio Indonesia (Orari) dan Radio Antar Penduduk Indonesia (Rapi) untuk mendukung penyediaan sarana komunikasi. Sebab, alternatif saluran komunikasi sangat penting guna mendukung penanganan bencana dan kesiagaan penyaluran informasi.

(Baca juga: Ratusan Turis 'Terjebak' di Lombok, Proses Evakuasi Terus Berjalan)

Saat ini, Kominfo terus memantau kondisi sarana dan prasarana telekomunikasi, khususnya Base Transceiver Station (BTS) di lokasi gempa. Sebab, padamnya arus listrik akibat bencana dikhawatirkan memengaruhi kinerja BTS di wilayah tersebut. "Malam ini (tadi), aliran listrik berangsur hidup kembali, sehingga tim dari operator telekomunikasi segera melakukan penanganan BTS dan fasilitas telekomunikasi lain termasuk repeater dan jaringan penyokong lainnya."

Sementara itu, GM External Corporate Communication Telkomsel Denny Abidin menyampaikan bahwa kondisi jaringannya di wilayah terdampak gempa berangsur normal. Namun, ada penurunan kualitas layanan data atau suara, terutama di wilayah pusat gempa yaitu Lombok Timur, Lombok Utara, Sumbawa dan Bima.

"Mayoritas (penurunan kualitas layanana) dikarenakan belum optimalnya pasokan listrik di wilayah wilayah tersebut," kata dia dalam siaran pers yang diterima Katadata.

(Baca juga: Gempa Ganggu Layanan BI NTB, Transaksi Keuangan Diupayakan Lancar)

Saat ini, Telkomsel terus memantau dan mengidentifikasi site-site yang terkena gangguan ataupun yang berpotensi terganggu. Telkomsel juga memobilisasi genset mobile untuk mengaktifkan BTS yang mengalami kendala pasokan listrik. "Kami berkoordinasi dengan pihak terkait untuk percepatan pemulihan pemadaman listrik total," ujarnya.

Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...