Minat Investasi Manufaktur Jepang ke Indonesia Turun

Michael Reily
8 Agustus 2018, 13:57
Pabrik Toyota
Donang Wahyu|KATADATA
Pekerja melakukan pemeriksaan akhir pada kendaraan sedan All New Vios di pabrik Toyota Karawang 2, Kawasan Industri Karawang International Industrial City, Karawang, Jawa Barat.

Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii menyatakan minat investasi industri manufaktur Jepang ke Indonesia menurun. Kedua negara pun melakukan  kolaborasi untuk meningktkan investasi dan kerja sama.

“Untuk mengatasi masalah kesadaran dan memperkuat kerja sama telah didirikan Indonesia-Japan Business Network (IJBN) sebagai kerangka kolaborasi bisnis kedua negara,” kata Ishii di Jakarta, Rabu, (8/8).

Data Japan Bank for International Cooperation (JBIC) menunjukan pada 2013, Indonesia masih menempati peringkat pertama tujuan investasi industri manufaktur. Namun, pada 2017 peringkat Indonesia turun langsung ke posisi kelima, dikalahkan Tiongkok, India, Vietnam, dan Thailand.

(Baca : Smelter dan E-Commerce Jadi Penarik Investor Asing ke Indonesia)

Padahal di satu sisi,  investasi Jepang di Indonesia merupakan yang terbesar kedua pada 2017.  Peningkatan investasi sepanjang periode 2013 hingga 2017  melonjak pesat, dari sebelumnya 1.438 perusahaan menjadi 1.911 perusahaan. “Kenaikan hampir 500 perusahaan selama empat tahun,” ujar Ishii.

Indonesia-Japan Business Network  diharapkan menjadi wadah yang menjembatani kerja sama bisnis kedua negara.  Jepang mendorong industri kecil menengah di Indonesia untuk ekspansi ke luar negeri melalui skema industry 4.0.

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...