Asian Games Dihantui Kebakaran Hutan, Begini Antisipasi Pemerintah

Dimas Jarot Bayu
14 Agustus 2018, 18:12
Venue Asian Games 2018
Katadata
Kompleks Gelora Bung Karno siap melaksanakan ajang Asian Games 2018.

Pemerintah mengupayakan agar kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Indonesia tak sampai mengganggu perhelatan Asian Games pada 18 Agustus 2018. Salah satu area Asian Games yakni Stadion Jakabaring di Palembang, Sumatera Selatan berada dekat lokasi titik api (hotspot).

Sementara, saat ini tercatat masih ada 1077 hotspot yang tersebar di seluruh Indonesia berdasarkan pantauan satelit Terra dan Aqua. Angka ini berkurang dibandingkan tahun lalu yang sebesar 2567 hotspot.

"Ada satu upaya ekstra keras agar penyelenggaraan Asian Games tidak terkena asap. Bayangkan kalau terkena asap, (pertandingan) para atlet lebih dari 40 negara akan terganggu," kata Menteri Koordinator Bidang Politik , Hukum, dan Keamanan Wiranto di kantornya, Jakarta, Selasa (14/8).

(Baca juga: Selusin Teknologi Canggih Kawal Asian Games 2018)

Wiranto mengatakan, upaya penanggulangan karhutla melalui koordinasi dengan berbagai kementerian/lembaga dan pemerintah daerah secara berkala. Dari koordinasi tersebut, telah dihasilkan beberapa prosedur untuk pencegahan, penanggulangan, serta pemulihan karhutla.

Salah satu prosedur tersebut dengan adanya patroli berkala oleh Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan KLHK Manggala Agni, BPBD, TNI, Polri, Masyarakat Peduli Api, serta swasta. Patroli dilakukan untuk memantau lokasi-lokasi yang dianggap rawan titik api.

Selain itu, pemerintah menyiapkan embung, sekat kanal, serta sumur pompa untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran. Masyarakat juga diajarkan melakukan alih fungsi lahan tanpa membakar.

(Baca juga: Telkomsel Hadirkan Teknologi 5G di Ajang Asian Games 2018)

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...