Lindungi Konsumen, OJK Siapkan Aturan Inovasi Keuangan Digital

Hari Widowati
15 Agustus 2018, 18:08
Wimboh OJK
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.
Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) segera menerbitkan Peraturan OJK tentang Inovasi Keuangan Digital (IKD) yang akan mengatur perlindungan bagi konsumen atau nasabah perusahaan-perusahaan teknologi finansial (fintech). OJK juga bakal membentuk lembaga khusus untuk menangani mediasi jika terjadi perselisihan antara perusahaan teknologi finansial dan konsumennya.

Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK Nurhaida mengatakan, POJK mengenai IKD merupakan bagian dari Paket Kebijakan Agustus 2018. Ada beberapa poin yang digarisbawahi dalam POJK tersebut khususnya soal perlindungan data nasabah. "IKD harus punya sistem yang andal untuk melindungi data nasabahnya. Mereka juga wajib memantau sistem secara mandiri dan melakukan manajemen risiko yang memenuhi prinsip kehati-hatian," kata Nurhaida dalam konferensi pers, di Jakarta, Rabu (15/8).

Keandalan sistem yang dimaksud OJK adalah kemampuan sistem penyelenggara layanan fintech untuk menghadapi ancaman siber. Penggunaan data nasabah oleh penyelenggara fintech juga harus mendapatkan persetujuan dari nasabah. Selain itu, OJK juga menyiapkan ketentuan khusus untuk mengantisipasi praktik pencucian uang (money laundering) yang memanfaatkan perusahaan teknologi finansial.

Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Tirta Segara mengatakan, aspek perlindungan konsumen untuk industri fintech sebagian sudah diatur di dalam POJK Nomor 77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi. Ada lima prinsip yang harus dipenuhi oleh sebuah perusahaan teknologi finansial, antara lain soal transparansi, manfaat, biaya, jenis produk, dan konfirmasi persetujuan konsumen atas produk tersebut. Dia mencontohkan, untuk produk pinjaman dari perusahaan fintech peer to peer lending, perusahaan harus menyediakan fitur atau menu simulasi untuk menghitung bunga atau jumlah cicilan yang harus dibayar nasabah.

(Baca: Beda Aturan Fintech dan Industri Keuangan Konvensional)

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...