Perbaikan Rumah Rusak Gempa Lombok Ditargetkan Rampung Maret 2019

Image title
23 Agustus 2018, 19:03
Gempa
ANTARA FOTO/Adeng Bustomi
Siswa SMKN 3 Kota Tasikmalaya membersihkan meterial ruruntuhan bangunan ruang kelas yang ambruk pasca gempa bumi berkekuatan 6,9 skala richter di Taman Sari, Jawa Barat, Selasa (19/12).

Pemerintah menargetkan perbaikan rumah yang rusak akibat bencana gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) bisa pada rampung awal Maret 2019. Sejumlah kementerian akan berkoordinasi terkait program perbaikan rumah masyarakat di Lombok, antara lain Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan Pemerintah Daerah setempat.

"Presiden Joko Widodo sudah berikan arahan bahwa mulai minggu depan dikerjakan (perbaikan rumah) dan ditargetkan selesai dalam 6 bulan," kata Menteri Sosial Idrus Marham di Jakarta, Kamis (23/8).

Advertisement

Idrus menambahkan, dalam rangka rekonstruksi rumah masyarakat korban gempa, pemerintah mengambil kebijakan menganggarkan dana perbaikan rumah  sebesar Rp 50 juta per rumah untuk kategori rumah yang mengalami kerusakan berat, Rp 25 juta untuk kerusakan sedang , dan Rp 10 juta dengan kerusakan ringan.

(Baca : BNPB Sebut Status Bencana Nasional untuk Lombok Akan Melemahkan RI)

Adapun rumah yang mengalami kerusakan akibat gempa bumi saat ini berjumlah sekitar 64.900 rumah, yang terbagi dalam kondisi rusak berat sekitar 32.500 rumah, rusak sedang sekitar 2.400 rumah, dan rumah rusak ringan 30 ribu rumah.

Selain kementerian terkait, perbaikan rumah-rumah yang rusak ini juga akan  melibatkan kalangan pelajar seperti mahasiswa teknik dari beberapa universitas. "Jadi, cara kerjanya gotong royong. Termasuk masyarakat yang rumahnya dibangun, di situ akan bekerja kembali secara bersama-sama," kata Idrus.

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement