Asian Games 2018 Kerek Omzet Sektor Retail

Michael Reily
28 Agustus 2018, 16:52
Toko retail
ANTARA FOTO/R. Rekotomo
Ilustrasi gerai retail.

Asian Games 2018 tak hanya mengangkat nama Indonesia sebagai penyelenggara ajang olahraga internasional tersebut. Industri retail juga mendapatkan berkahnya. Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (Aprindo) menyatakan omzet pebisnis sektor ini di Jakarta dan Palembang meningkat sekitar 10 %.

Bila dirinci, kata Ketua Aprindo Roy Nicholas Mandey, kenaikan omzet 10-15 % di Palembang dan 5 – 10 % di Jakarta. Dua provinsi ini merupakan tempat penyelenggaraan utama kompetisi olahraga terbesar di Asia tersebut. “Palembang sangat terasa di sekitar Jakabaring,” kata Roy kepada Katadata.co.id, Selasa (28/8). “Tetapi di Jakarta, karena wilayahnya lebih besar, belum termonitor sepenuhnya.”

Advertisement

(Baca juga: Panitia Pangkas Jatah Kursi Official Asian Games)

Asian Games 2018 memang mempunyai potensi besar untuk mendorong konsumsi nasional. Hal ini didorong oleh para atlet, tim official, serta turis yang melakukan transaksi di mal dan toko retail saat tak ada pertandingan olahraga.

Karena itu, Asian Games 2018 bukan hanya berfungsi sebagai pesta olahraga besar. “Juga bermanfaat sebagai pertumbuhan ekonomi di Indonesia,” ujar Roy. (Baca juga: Menunggu Penjualan Tiket Penutupan Asian Games 2018).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement