Panitia Pangkas Jatah Kursi Official Asian Games

Penulis: Desy Setyowati

Editor: Pingit Aria

Senin 27/8/2018, 18.33 WIB

Tiket penutupan Asian Games 2018 akan mulai dijual besok.

Atlet Indonesia Peraih Medali Emas Asian Games 2018, Eko Yuli Irawan
ANTARA FOTO/INASGOC/Fanny Octavianus
Menko PMK Puan Maharani (kiri) dan Menpora Imam Nahrawi (kanan) mendampingi lifter Indonesia Eko Yuli Irawan menyapa penonton usai nomor angkat besi putra 62 kg Group A Asian Games ke-18 2018 di JiExpo Jakarta, Senin (20/8). Eko berhasil meraih emas pada nomor tersebut.

Panitia Pelaksana Asian Games 2018  memastikan alokasi 90% dari kapasitas maksimal venue pertandingan untuk masyarakat umum. Sebelumnya, Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (Inasgoc) sempat dikritik lantaran banyaknya kursi kosong di lokasi pertandingan.

Kursi kosong itu rupanya disiapkan untuk penonton terakreditasi seperti wartawan maupun official tim. Masalahnya, kursi yang tiketnya tidak dijual ini konon mencapai 30-40 persen dari kapasitas venue.

Komite Olimpiade Asia (OCA) pun sempat menegur Ketua Inasgoc Erick Thohir dan meminta agar memperingatkan agar jatah kursi official tak melebihi 10% dari total kapasitas stadion.

(Baca juga: Erick Thohir Jelaskan Misteri Kursi Kosong di Asian Games)

“Dalam ajang multi-event seperti ini, panitia wajib mengalokasikan sejumlah bangku khusus untuk wartawan, atlet, perwakilan negara peserta, federasi olahraga dunia, hingga perwakilan sponsor,” ujar Direktur Media PR Panitia Pelaksana Asian Games 2018 M Buldansyah dalam siaran pers, Ahad (26/8) kemarin.

Berdasarkan standar inernasional, ada beberapa bangku yang dibiarkan kosong atas dasar pertimbangan keamanan seperti untuk pergerakan petugas keamanan di tribun maupun jalur evakuasi. “Perlu dipahami, kapasitas bangku di tiap lokasi pertandingan sangat terbatas," kata Buldansyah.

Adapun, masyarakat bisa membeli tiket secara online lewat dua mitra resmi yaitu Blibli.com dan Tiket.com untuk seluruh cabang olahraga. Pembelian tiket bisa dilakukan sejak dua hari sebelum hingga hari pertandingan. Bila ada kendala, masyarakat bisa menghubungi layanan pelanggan di 0804871871 dengan nomor ekstensi 1 untuk Blibli dan 08041500878 untuk tiket.com.

(Baca juga: Asian Games 2018 Ternoda Ulah Calo Tiket)

Buldansyah menjelaskan, sistem penjualan tiket online ini sudah berjalan selama beberapa waktu. Berdasarkan pantauannya, proses penjualan tiket secara online kini relatif lebih stabil.

Masyarakat juga bisa membeli melalui Asian Games Ticket atau asiangames2018.loket.com untuk cabang olahraga badminton, bola basket, sepak bola pria, akuatik, bola voli, dan eSports. Sementara penjualan tiket acara penutupan Asian Games 2018 akan dijual mulai Selasa (28/8) esok.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha