Hasil Perundingan Perjanjian Dagang RI-Australia Siap Dilaporkan

Michael Reily
29 Agustus 2018, 10:22
Pelabuhan ekspor
Katadata

Tim negosiasi perjanjian perdagangan Indonesia dan Australia (Comprehensive Economic Partnership Agreement/CEPA) siap melaporkan hasil perundingan pada 31 Agustus 2018 mendatang. Kedua negara tengah berupaya untuk mempercepat proses penyelesaian perundingan.

Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan Iman Pambagyo menjelaskan tim negosiasi kedua negara telah mendapat instruksi untuk menyelesaikan perundingan pada tahun ini. “Hasil negosiasi akan dilaporkan kepada kedua pemimpin negara ketika bertemu pada 31 Agustus 2018,” kata Iman kepada Katadata, Selasa (28/8).

Dia menjelaskan, sebagian besar isu dalam perundingan telah diselesaikan. Namun menurutnya, masih ada beberapa hal yang masih perlu diselesaikan dalam waktu dekat.

Selain itu, Iman menekankan ada yang berbeda dalam definisi menyelesaikan perundingan dengan penandatanganan perjanjian. “Saat ini, kedua pihak sedang berusaha keras untuk menyelesaikan perundingan,” ujarnya.

Sebelumnya, Pemerintah menargetkan perundingan perjanjian dagang Indonesia Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA) akan selesai bulan Agustus mendatang. Penentuan target ini dibahas Presiden Joko Widodo dengan beberapa menteri, kemarin.

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...