Usai Dilantik, Lima Gubernur Siap Menangkan Jokowi di Pilpres 2019

Ameidyo Daud Nasution
5 September 2018, 18:36
pelantikan gubernur
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Sembilan pasang gubernur dan wakil gubernur terpilih diambil sumpah jabatannya saat pelantikan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/9/2018).

Lima Gubernur siap memenangkan Joko Widodo (Jokowi) pada kontestasi pemilihan Presiden 2019 mendatang. Kelima Gubernur tersebut adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Nusa Tenggara Timur Victor Laiskodat, Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah, serta Gubernur Papua Lukas Enembe.

Kelima gubernur ini dilantik Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/9). Selain mereka, ada pula Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi, Gubernur Bali I Wayan Koster, hingga Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji yang juga dilantik.

Ganjar dan Victor sebagai kader PDI Perjuangan dan Nasdem memastikan diri mensukseskan Jokowi - Ma'ruf Amin dalam pesta politik tahun depan. Bahkan keduanya siap berpartisipasi langsung dengan menjadi tim sukses hingga cuti untuk mengkampanyekan mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

(Baca juga: Jokowi Pertimbangkan Tokoh Muda Jadi Calon Ketua Tim Kampanye Nasional)

"Saya diminta atau tidak diminta harus dukung, harus inisiatif," kata Ganjar usai pelantikan.
Sedangkan Victor yang saat ini tercatat di struktur Ketua Dewan Pimpinan Pusat Nasdem Bidang Politik dan Pemerintahan juga siap memimpin langsung kampanye di NTT.

Ridwan Kamil atau biasa dipanggil Emil juga memastikan diri dukungannya kepada Jokowi. Meski demikian ketika ditanyakan apakah akan masuk dalam tim kampanye nasional, dirinya akan melihat aturan terlebih dahulu. Namun apabila tidak melanggar tentunya dia siap turut serta.

"Kalau tidak melanggar aturan tentunya ini hak politik, tidak masalah," kata Emil yang diusung Nasdem ini.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...