Bappenas Optimistis Indonesia Bisa Jadi Pemain Besar Industri Kreatif

Image title
14 September 2018, 14:19
Bambang Bappenas
Arief Kamaludin | Katadata

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) dan Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro  meyakini, Indonesia mampu menjadi pemain besar dalam industri kreatif. Hanya saja, saat ini belum ada keseriusan mengembangkan industri kreatif ini.

"Jangan sampai nanti kita malah sibuk menjadi penggemar K-Pop. Padahal kita sendiri punya kemampuan di film atau di musik yang sebenarnya tidak kalah," kata Bambang di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Jumat (14/9).

Menurutnya, talenta pelaku industri kreatif di Indonesia memiliki potensi yang sangat besar. 
Hanya perlu keseriusan dalam menggarap industri ini dan mengemasnya menjadi suatu kegiatan ekonomi.  (Baca: Tumbuh Dua Digit, Bekraf Fokus Kembangkan Potensi Industri Film)

Pengembangan industri kreatif tanah air sejalan dengan peningkatan sumber daya manusia (SDM) di industri jasa. Dengan mengembangkan kegiatan ekonomi pada SDM, kata Bambang, Indonesia tidak perlu lagi terus bergantung pada pemanfaatan sumber daya alam (SDA).

Karena selalu terbuai dengan SDA, perekonomian Indonesia banyak bergantung pada volatilitas harga komoditas, seperti batu bara, minyak mentah, dan minyak kelapa sawit. Memang potensi SDA Indonesia begitu besar, tapi itu yang membuat Indonesia selalu kalah dengan Korea Selatan. 

(Baca juga: Tumbuh 20%, Penonton Bioskop Diproyeksi Capai 60 Juta pada 2019)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...