Jadi Penasihat Prabowo-Sandiaga, Kwik Kian Gie Tetap Kader PDIP

Dimas Jarot Bayu
18 September 2018, 18:39
Kwik dan Prabowo Sandi
Twitter @sandiuno
(ki-ka) Pengamat Ekonomi, Kwik Kian Gie, Calon Presiden Prabowo Subianto (membelakangi lensa) dan Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno saat bertemu membahas persoalan ekonomi.

Kontroversi status Kwik Kian Gie di tubuh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) terjawab. Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto memastikan mantan Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Industri itu masih kader PDI Perjuangan.

Padahal, Kwik saat ini telah menjadi penasihat ekonomi bagi Prabowo Subianto-Sandiaga Uno untuk pemilihan presiden tahun depan (Pilpres 2019). “Pak Kwik masih menjadi anggota PDIP,” kata Hasto di Jakarta, Selasa (18/9). 

(Baca juga: Adu Tim Ekonomi di Belakang Jokowi dan Prabowo)

Menurut dia, publik tak perlu meributkan masuknya Kwik sebagai penasihat Prabowo-Sandiaga. Baginya, sah saja jika calon rival Joko Widodo-Ma’ruf Amin itu meminta masukan tentang gagasan ekonomi politik dari Kwik.

Alasannya, Kwik merupakan salah satu tokoh di dalam paradigma baru ilmu ekonomi di Indonesia. Dia juga salah satu dosen dan pendiri Institut Bisnis dan Informatika Indonesia (IBII) Kwik Kian Gie. “Namanya gagasan-gagasan, didiskusikan boleh-boleh saja,” ujar Hasto.

Pada Senin kemarin, Kwik resmi mengumumkan sebagai penasihat Prabowo-Sandiaga. Prabowo mengaku memiliki satu arah pemikiran dengan Kwik dalam bidang ekonomi. Mantan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus TNI ini merasa bisa membahas hal-hal ekonomi secara komprehensif dengan Kwik.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...