Tiga Proyek Pipa Gas Selesai Tahun Ini

Anggita Rezki Amelia
25 September 2018, 17:28
pipa gas
Katadata | Arief Kamaludin

PT Pertamina Gas (Pertagas) menyatakan ada tiga proyek pipa gas bumi yang akan selesai tahun ini. Salah satunya adalah  proyek pipa transmisi gas bumi Duri-Dumai. 

Direktur Utama Pertagas Wiko Migantoro mengatakan proyek pipa anyar itu selesai dalam pertengahan Oktober 2018. "Pertengahan bulan depan," kata dia di Jakarta, Selasa (25/9).

Proyek Duri -Dumai merupakan proyek bersama yang melibatkan Pertagas dan PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk.  Aset pipa ini nantinya dikelola bersama oleh kedua perusahaan tersebut sebagai aset holding migas.

Adapun, pipa gas Duri-Dumai memiliki diameter 24 inch dan panjang sekitar 64 kilometer (km).   Titik awal pipa ini  adalah di Duri Meter Station pipa Grissik-Duri dan titik akhir di Kilang Pertamina Refinery Unit I Dumai.

Gas yang mengalir di pipa itu merupakan milik Pertamina dan PGN yang bersumber dari tiga blok migas. Blok tersebut yakni Corriodor (ConocoPhillips), Bentu (Energi Mega Persada/EMP), dan Jambi Merang (JOB Pertamina-Talisman).

Pipa Duri-Dumai akan menyaluran gas untuk beberapa kebutuhan yakni untuk Kilang Pertamina di Dumai. Gas ke Kilang Dumai akan dipakai untuk konversi bahan bakar dari minyak menjadi gas, sehingga berpotensi meningkatkan kemampuan produksi kilang, dengan kebutuhan gas sebesar 57 juta kaki kubik per hari (MMSCFD) dan akan meningkat bertahap hingga 120 MMSCFD.

(Baca: Proyek Pipa Duri-Dumai Resmi Dibangun)

Selain Duri-Dumai, Wiko menyebutkan sejumlah proyek pipa Pertamina lainnya yang juga akan beroperasi dalam waktu dekat.  Di antaranya proyek pipa Grissik-Pusri yang ditargetkan selesai November 2018, dan pipa Gresik-Semarang yang akan selesai akhir tahun ini.  

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...