Eksklusif: BRI Resmi Akuisisi 65% Saham PT Danareksa Sekuritas

Penulis: Ihya Ulum Aldin

Editor: Hari Widowati

Kamis 27/9/2018, 22.09 WIB

Perjanjian jual beli saham antara PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) dan PT Danareksa (Persero) ditandatangani Kamis (27/9).

Bank BRI
KATADATA
Bank BRI

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) resmi mengakuisisi 65% saham PT Danareksa Sekuritas dari PT Danareksa (Persero). Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memastikan transaksi ini akan memperkuat bisnis BRI ke depan di bidang perbankan dan jasa keuangan.

"Sudah sore tadi ditandatangani (perjanjian jual beli saham) PT Danareksa Sekuritas kepada BRI," kata Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei, dan Konsultan Kementerian BUMN Gatot Trihargo ketika dihubungi Katadata, di Jakarta, Kamis (27/9). Namun, Gatot mengatakan tidak mengetahui mengenai nilai transaksi tersebut karena datanya ada di BRI.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

"Yang penting kan kita agree dulu di depan, nanti sambil diproses (tahapan) berikutnya," kata Gatot. Penjualan saham PT Danareksa Sekuritas kepada BRI dilakukan berdasarkan pertimbangan untuk memperkuat basis bisnis BRI.

Kementerian BUMN pun menilai perusahaan sekuritas BUMN sebaiknya berada di bawah perbankan. Gatot berkaca pada PT Mandiri Sekuritas yang merupakan anak usaha PT Bank Mandiri Tbk dan BNI Sekuritas yang merupakan anak usaha PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI). Dengan porsi kepemilikan saham mayoritas, BRI bisa lebih leluasa menentukan target kinerja dan langkah Danareksa Sekuritas ke depan.

Katadata berusaha menghubungi Direktur Strategi Bisnis dan Keuangan BRI Haru Sumahargyo dan Direktur Utama BRI Suprajarto. Namun hingga berita ini diturunkan, BRI belum merespons telepon dan pesan singkat yang dikirimkan Katadata.

Seperti diketahui, rencana BRI untuk mengakuisisi perusahaan sekuritas telah dikaji sejak tahun lalu. Ada beberapa perusahaan yang masuk ke dalam radar BRI, antara lain PT Bahana Sekuritas, PT Danareksa Sekuritas, dan perusahaan sekuritas swasta.

BRI memprioritaskan akuisisi tersebut dilakukan terhadap perusahaan BUMN karena prosesnya dinilai akan lebih mulus. Selain perusahaan sekuritas, BRI juga ingin mengakuisisi perusahaan modal ventura. Total dana yang disiapkan perusahaan untuk aksi korporasi tersebut sekitar Rp 500 miliar-Rp 700 miliar.

Kabar akuisisi Danareksa tersebut tampaknya juga sudah direspons positif oleh para investor. Pada penutupan perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (27/9), harga saham BRI berkode BBRI ini naik 2,68% menjadi Rp 3.070 per saham, setelah hari sebelumnya turun 1,32%.