Gempa Donggala, Kementerian Komunikasi Kirim 30 Unit Telepon Satelit

Desy Setyowati
28 September 2018, 23:03
Gempa Palu
ANTARA
Sebuah bangunan pusat perbelanjaan yang roboh akibat gempa di Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9).

Hari ini gempa melanda wilayah Donggala, Sulawesi Tengah beberapa kali sejak 13.59 WIB. Alhasil, jaringan telekomunikasi di wilayah tersebut padam total alias black out. Untuk itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengirim 30 unit telepon satelit.

Pelaksana tugas Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu menyatakan jaringan telekomunikasi di Donggala dan sekitarnya tidak dapat beroperasi karena pasokan listrik PLN terputus. Hasil pemantauan Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika hingga pukul 18.00 WIB terdapat 276 base station kategori 2G, 3G dan 4G yang tidak bisa digunakan.

Oleh karenanya, Menteri Kominfo Rudiantara menugaskan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) untuk mengirimkan 30 unit telepon satelit. “Hal ini guna mendukung koordinasi penanganan bencana di Donggala dan sekitarnya,” kata Ferdinandus dalam siaran resminya, Jumat (28/9).

Di satu sisi, operator telekomunikasi juga tengah berupaya memulihkan pasokan listrik dengan menggunakan Mobile Backup Power (MBP). Operator bakal menggunakan infrastruktur hingga pasokan jaringan listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) pulih.

(Baca: BMKG Pastikan Tsunami 0,5 Meter Hingga 3 Meter di Palu).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...