Penelitian Bank Indonesia Dukung Stabilitas Sistem Keuangan

Image title
Oleh Nenden Arum - Tim Publikasi Katadata
28 September 2018, 11:27
Bank Indonesia
Arief Kamaludin|KATADATA
Bank Indonesia

Bank Indonesia selama ini berperan dalam menjaga stabilitas sistem keuangan melalui kewenangan di bidang makropudensial. Hal itu bertujuan untuk mencegah dan mengurangi risiko sistemis, mendorong fungsi intermediasi yang seimbang dan berkualitas, serta meningkatkan akses keuangan.

Cicilia A. Harun, Peneliti Ahli di Departemen Kebijakan Makroprudensian Bank Indonesia memaparkan tujuan tersebut didukung oleh wewenang Bank Indonesia melalui pengaturan dan pengawasan makroprudensial.

“Dalam strategi operasional makroprudensial di Bank Indonesia, penggunaan data, informasi dan riset dilakukan untuk mendukung kewenangan pengaturan maupun pengawasan makroprudensial,” paparnya dalam diskusi panel dalam LPS Research Fair 2018, Selasa (25/9).

Menurutnya, riset sangat penting dilakukan dalam sektor stabilitas sistem keuangan karena ikut meningkatkan kredibilitas kebijakan yang dihasilkan dengan standar internasional dan metodologi yang dapat dipertanggungjawabkan. Selain itu juga dapat memitigasi risiko dan pencegahan krisis yang lebih akurat.

“Hasil riset juga mudah dikomparasi dan benchmark dengan otoritas lain, serta sebagai bahan sosialisasi dan training untuk alih teknologi kepada generasi yang baru,” imbuhnya.

Adapun macam-macam riset yang dilakukan Bank Indonesia antara lain riset frontier untuk isu strategis mengenai struktur, fundamental, atau kerangka kerja. Kemudian riset kebijakan yang mendukung proses perumusan kebijakan makroprudensial, dan riset pengembangan metodologi untuk mendukung pengawasan makroprudensial.

“Di samping itu ada juga riset lain untuk menangkap perilaku agen ekonomi dalam sistem keuangan, dan riset lain untuk isu tertentu,” katanya.

Untuk mendorong penelitian dalam bidang stabilitas sistem keuangan, Bank Indonesia juga melakukan publikasi di jurnal internasional, melaksanakan lomba karya ilmiah tahunan dengan mengajak mahasiswa S1 ke atas. Selain itu juga melakukan penelitian gabungan dengan universitas maupun dengan anggota Komite Kebijakan Sistem Keuangan (KKSK).

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...