Bangkitkan Wisata Lombok Setelah Gempa, Kemenpar Gelar Lomba Lari

Penulis: Ekarina

Minggu 30/9/2018, 15.39 WIB

Selain berolahraga dan berwisata, event ini diharapkan bisa menjadi momentum kebangkitan bagi masyarakat Lombok.

Kementerian Pariwisata bersama Blibli.com menggelar event sport tourism bertajuk Blibli Mekaki Marathon 2018.
Katadata/Muchamad Nafi
Acara sport tourism Blibli Mekaki Marathon 2018 digelar untuk yang kedua kali. Pemerintah berharap acara terbesut mampu meningkatkan potensi pariwisata Lombok Barat pasca dilanda gempa Juli 2018 lalu.

Lomba lari Blibli Mekaki Marathon 2018 kembali digelar untuk kedua kalinya pada 28 Oktober 2018 mendatang di Pantai Mekaki, Desa Pelangan, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat. Tak sekedar lomba lari, salah satu event sportourism ini juga digelar untuk menarik wisatawan dan membangkitkan sektor pariwisata Lombok Barat pasca gempa yang melanda kawasan tersebut Juli lalu.

Blibli Mekaki Marathon 2018 tahun ini digelar dengan mengusung tema Run and Enjoy Breath taking Views of Mekaki. Event yang menjadi icon sport Lombok Barat ini diharapkan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat atau wisatawan yang ingin berkunjung ke Lombok.

“Event tahun lalu memberikan dampak besar terhadap pengembangan wisata di kawasan Sekotong Lombok Barat. Selain menumbuhkan ekonomi masyarakat, juga adanya perbaikan infrastruktur wisata, serta tumbuhnya kesadaran masyarakat setempat terhadap sektor pariwisata,” ujar Fauzan Khalid, Bupati Lombok Barat.

(Baca : Aktifkan Crisis Center, Kemenpar Pantau Fasilitas Pariwisata di Lombok)

Meski sempat dirundung duka pasca gempa bumi, Pemerintah Lombok Barat tetap bersemangat menggelar event ini dengan harapan masyarakat Lombok, khususnya Lombok Barat dapat bangkit kembali.

"Pariwisata, ekonomi dan mental masyarakat Lombok kita harapkan dapat kembali bangkit dan menunjukkan semangat tidak menyerah melalui event ini," kata Fauzan.

Dengan semangat tersebut, sejumlah dukungan penuh juga datang dari berbagai pihak diantaranya Kementrian Pariwisata, Kementerian Pemuda dan Olahraga dan Pemerintahan Provinsi Nusa Tenggara Barat.

"Destinasi Lombok menjadi perhatian Kemenpar, terutama pasca gempa. Kemenpar fokus melakukan pemulihan warga Lombok, infrastruktur destinasi dan juga pemasaran wisata," ujar Ni Wayan Giri Adyani, Plt. Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran 1 Kementerian Pariwisata.

(Baca : Puluhan Orang Meninggal dan Ribuan Mengungsi Akibat Gempa Lombok)

Menurut Kemenpar, Blibli Mekaki Marathon 2018 ini bukan hanya ajang lomba lari, tapi sekaligus pariwisata untuk memperkenalkan pantai dan bukit Mekaki yang indah. Karenanya, Kemenpar mendukung penuh kegiatan ini untuk memajukan olahraga sekaligus pariwisata Lombok.

Pemprov NTB juga berharap semua masyarakat turut berpartisipasi dalam ajang ini. Disamping berolahraga dan berwisata, event ini menjadi momentum kebangkitan masyarakat Lombok.

"Pasca gempa, Pemprov telah mempercepat rehabilitasi fisik baik fasilitas maupun sektor-sektor yang menunjang ekonomi masyrakat seperti pariwisata," kata Gubernur NTB yang diwakili oleh Kadispora NTB.

Mekaki Marathon merupakan kerjasama Pemerintah Daerah Lombok Barat dengan ArchiSS sebagai Event Management dan DnD sebagai race management serta Blibli.com sebagai sponsor utama.

"Sebagai e-commerce lokal Blibli.com senang dapat mendukung Blibli Mekak iMarathon 2018 dengan harapan event ini dapat memberi semangat bagi masyarakat Lombok dan kontribusi bagi pembangunan daerah pasca bencana gempa bumi," kata Senior Vice President(SVP) Marketing Blibli.com I Gusti Ayu Fadjar.

 

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha