Berkah Komoditas, Bank Mandiri Yakin Kredit Korporasi Tumbuh Lebih 12%

Image title
6 Oktober 2018, 09:47
Gedung Bank Mandiri
Arief Kamaludin|KATADATA
Bank Mandiri

PT Bank Mandiri Tbk menargetkan pertumbuhan kredit korporasi hingga akhir tahun ini akan melampaui 12% menjadi sekitar Rp 297,14 triliun. Optimisme itu timbul karena pertumbuhan kredit korporasi perseroan hingga September lalu sudah di atas 10%.

"(Pertumbuhan kredit korporasi) cukup agresif hingga akhir tahun. Mungkin di atas di 12%, kata Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Royke Tumilaar, di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (5/10).

Pertumbuhan kredit korporasi tersebut berasal dari pemberian kredit kepada perusahaan-perusahaan yang membangun infrastruktur. Meskipun beberapa proyek strategis nasional ada yang ditunda pengerjaannya, masih banyak perusahaan yang tetap ekspansi.

Kredit korporasi Bank Mandiri tidak hanya disalurkan kepada perusahaan-perusahaan yang bergerak di sektor infrastruktur. Royke mengatakan, kredit kepada perusahaan makanan dan minuman, perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan seperti rumah sakit, dan perusahaan yang berbasis komoditas.

Royke menyebutkan, pertumbuhan kredit kepada perusahaan-perusahaan berbasis komoditas menguat seiring dengan perkembangan harga komoditas global, seperti batu bara dan minyak mentah.

Bank Mandiri juga gencar menyalurkan kredit sindikasi. Pada Rapat Tahunan Dana Moneter Internasional (IMF)-Bank Dunia pekan depan, perseroan akan menyalurkan kredit sindikasi kepada PT Hutama Karya (Persero) senilai total Rp 9 triliun. Kredit tersebut akan digunakan untuk mendanai proyek Tol Trans Sumatra. Beberapa bank BUMN dan bank daerah juga akan ikut serta dalam sindikasi tersebut.

(Baca: Bank Mandiri Jual Obligasi Rp 3 Triliun untuk Ekspansi Kredit)

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...