Bisnis di Segmen Fesyen Modest Potensial

Dini Hariyanti
8 Oktober 2018, 19:02
Mode memperagakan busana muslim di ajang Indonesia Fashion Week beberapa waktu lalu. Bisnis busana muslim sangat menjanjikan. Indonesia menargetkan bi
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Model tengah memperagakan busana muslim di ajang Indonesia Fashion Week beberapa waktu lalu. Bisnis busana muslim sangat menjanjikan. Indonesia menargetkan bisa menjadi kiblat busana muslim dunia pada 2020.

Pasar modest fashion  berpeluang semakin luas pada tahun-tahun mendatang. Laporan State of Global Islamic Economy yang dipublikasikan Thomson Reuters menyatakan, pada 2020 konsumen muslim akan membelanjakan US$ 368 miliar untuk keperluan fesyen.

Modest fashion merupakan istilah yang merujuk kepada tren fesyen dengan konsep busana lebih tertutup. Seseorang memilih modest fashion lazimnya karena alasan agama maupun budaya. Tapi lambat laun tren ini menjadi bagian dari gaya hidup.

Advertisement

Menyambut besarnya potensi pasar modest fashion, merek Nike meluncurkan produk kerudung Nike Pro. L'Oreal Paris juga merekrut blogger kecantikan berkerudung Amena Khan untuk mengkampanyekan produk sampo terbarunya.

Sejumlah merek fesyen ternama juga merambah segmen modest fashion. Dolce & Gabbana, Tommy Hilfiger, Oscar de la Renta, bahkan merek street-style H&M memproduksi abaya, kerudung atau hijab, serta gaun dengan unsur keserderhanaan (modesty).

(Baca juga: Tumbuh 8,7%, Busana Muslim Jadi Andalan Ekspor Tekstil Indonesia

Guna meyoroti lebih jauh perkembangan modest fashion tersebut digelarlah Modest Fashion Summit (MFS). Kegiatan yang akan berlangsung pada 11 - 12 Desember 2018 di Jakarta ini merupakan yang pertama di dunia.

Chief Creative Officer EBW Worldwide Stevy Sela mengatakan, MFS 2018 akan mempertemukan seluruh pemangku kepentingan di industri modest fashion. Regulator, peritel, lembaga jaga keuangan, maupun produsen di sektor ini dipastikan terlibat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement