Korban Gempa dan Tsunami Palu Capai 2.045 Jiwa

Michael Reily
10 Oktober 2018, 17:23
Gempa Palu
ANTARA FOTO/Basri Marzuki
Tim SAR memotong besi reruntuhan bangunan untuk mengevakuasi korban di Hotel Roraroa, Palu, Sulawesi Tengah, Senin (1/10). Menurut General Manager Hotel Roaroa, jumlah tamu yang menginap di hotel berlantai tujuh tersebut sebanyak 160 orang yang sebagian besarnya adalah atlet paralayang dari berbagai daerah, termasuk dari luar negeri, peserta Kejuaraan Paralayang Terbuka Indonesia.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan korban meninggal dunia akibat gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah hingga 10 Oktober 2018 mencapai 2.045 jiwa. Rencananya, pencarian korban jiwa bakal dihentikan pada 11 Oktober 2018 dengan pernyataan pemerintah sekaligus doa bersama.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan, jumlah korban jiwa terdiri dari Palu 1.636 orang, Donggala 171 orang, Sigi 222 orang, Parigi Moutong 15 orang, dan Pasangkayu, Sulawesi Barat 1 orang.

“Awalnya kami kira korban paling banyak di Donggala sebagai pusat gempa tetapi dampak besar ternyata di Palu akibat tsunami,” kata Sutopo di Jakarta, Rabu (10/10).

Berdasarkan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), tinggi tsunami sekitar 2,2 meter sampai 11,3 meter. Dampak tsunami paling besar terjadi di Desa Tondo, Palu dan terkecil ada di Mapaha, Donggala.

Sutopo menyebutkan, terpaan ombak tsunami terjauh mencapai 468,4 meter dari garis pantai yang mengenai kawasan Hotel Mercure, Lere, Palu. “Terpaan atau landaan ombak tsunami berbeda tergantung topografi wilayah yang terdampak,” ujarnya.

(Baca juga: Sembilan Negara Beri Bantuan Rp 236 Miliar untuk Gempa Sulteng)

Dia juga mengungkapkan bahwa seluruh korban yang ditemukan telah dimakamkan, dengan rincian pemakaman massal 969 jenazah dan pemakaman keluarga 1.079 jenazah.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...