Ditopang Kredit Korporasi, BNI Bukukan Laba Bersih Rp 11,4 Triliun

Ameidyo Daud Nasution
18 Oktober 2018, 20:25
Paparan Kinerja BNI Kuartal III
Arief Kamaludin|KATADATA
Kinerja BNI

PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) membukukan laba bersih sebesar Rp 11,4 triliun pada kuartal III 2018, meningkat 12,6% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Pertumbuhan laba bersih tersebut ditopang oleh kredit perseroan, khususnya di segmen korporasi yang melejit 18,5%.

Direktur Keuangan BNI Anggoro Eko Cahyo mengatakan, secara keseluruhan kredit BNI tumbuh 15,6% menjadi Rp 487 triliun. Di segmen korporasi pertumbuhan kredit lebih tinggi karena didorong oleh penyaluran kredit ke sektor manufaktur, konstruksi, perdagangan, hingga restoran dan hotel.

Di sektor manufaktur, penyaluran kredit BNI hingga kuartal III tahun ini tumbuh 39,9% menjadi Rp 67,4 triliun. Penyaluran kredit di sektor perdagangan, restoran, dan hotel tumbuh 29,3% menjadi Rp 21,5 triliun. Adapun pertumbuhan kredit sektor konstruksi mencapai 28%.

Pendorong pertumbuhan kredit di sektor manufaktur ada pada segmen makanan dan minuman yang naik 17,8% menjadi Rp 3,2 triliun. Sementara itu, penyaluran kredit terbesar dari sisi nilai untuk sektor manufaktur adalah pada industri elektronik, automotif, serta besi dan baja senilai Rp 7,7 triliun.

Penyaluran kredit BNI ke sektor infrastruktur hingga kuartal III 2018 mencapai Rp 110,6 triliun. Sekitar 25% dari kredit tersebut dialokasikan untuk pembangunan pembangkit listrik, jalan tol 32%, transportasi 16%, minyak dan gas bumi 17%, serta telekomunikasi 11%.

Pertumbuhan kredit yang tinggi ini mendorong pertumbuhan net interest income atau pendapatan bunga bersih BNI sebesar 10,6% menjadi Rp 26 triliun. Di sisi pendapatan non-bunga (fee based income) BNI naik 6% menjadi Rp 7,61 triliun.

Anggoro mengatakan, perseroan tetap menargetkan pertumbuhan kredit 13%-15% hingga akhir 2018. "Kami jaga pertumbuhan kredit di tengah kondisi persaingan dari sisi dana yang cukup ketat," kata dia.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...