Jadi Bos Baru Indosat, Chris Kanter Berencana Akuisisi Operator Lain

Desy Setyowati
18 Oktober 2018, 17:30
Dirut Indosat Ooredoo
ANTARA FOTO/ Muhammad Adimaja
Komisaris Utama Waleed Mohamed Ebrahim Alsayed (tengah) berbincang bersama Direktur Utama Indosat Ooredoo Chris Kanter (kanan) dan Direktur Utama Indosat Ooredoo 2017-2018 Joy Wahjudi (kiri) usai Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di gedung Indosat Ooredoo, Jakarta, Rabu (17/10/2018). Pada RUPSLB tersebut Indosat Ooredoo menyetujui pergantian dan penetapan Dewan Direksi dan Dewan Komisaris dengan mengangkat Chris Kanter sebagai Direktur Utama Perseroan.

Direktur Utama PT Indosat Tbk Chris Kanter menyampaikan keinginannya mengakuisisi perusahaan telekomunikasi lain selama masa jabatannya. Sebab, ia ingin memertahankan pangsa pasar Indosat di posisi kedua di Indonesia, atau bahkan melampaui itu.

Hanya, ia belum mau menyebutkan operator mana yang akan diakuisisi. "Konsolidasi adalah keharusan. Tapi ini bukan berarti kami sudah diskusi dengan operator lain," kata dia di Restoran Seribu Rasa, Jakarta, Kamis (18/10). "Untuk jadi yang terkuat nomor dua, ya kami harus mengambil."

Bahkan, Chris mengaku sudah ada permintaan untuk akuisisi dari direksi sebelumnya ketika ia menjadi komisaris Indosat. "Itu sekitar dua tahun lalu. Indosat Ooredo mau mengambil (operator lain). Tinggal kami pilih yang mana," kata dia.

Ia menyampaikan, pemegang saham Indosat yakni Qatar Telecom memiliki cukup uang yang memungkinkan perusahaannya mengakuisisi operator lain. Bahkan, ia memperkirakan belanja modal (capital expenditure/capex) Indosat bisa mencapai US$ 2 miliar atau sekitar Rp 30 triliun selama dua tahun depan. Artinya, belanja modal Indosat per tahun bisa mencapai Rp 15 triliun.

Bila pemegang saham menyetujui, maka belanja modal tersebut meningkat dua kali lipat dibanding tahun ini yang hanya Rp 7 triliun. Hanya, besaran capex tersebut belum final. "Masih saya hitung kembali," kata dia. "Pemegang saham uangnya banyak. Mereka mau beri tergantung dari penggunaannya untuk apa."

(Baca: Para Direktur Dikabarkan Undur Diri, Indosat Bantah)

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...