PGN Siap Bangun Pipa Gas Cirebon-Semarang jika Diberi Konsesi

Image title
18 Oktober 2018, 09:16
Stand PGN
Arief Kamaluddin | Katadata

PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk menyatakan kesiapan membangun pipa dari Cirebon ke Semarang jika diberi konsesi. Saat ini, konsesi proyek itu masih ditangan PT Rekayasa Industri.

Direktur Utama PGN Gigih Prakosos mengatakan proyek tersebut sampai saat ini memang belum ada progress. Padahal, targetnya proyek itu bisa digarap sejak 2006 lalu.

Advertisement

Untuk itu, Gigih mengusulkan agar PGN bisa kerja sama dengan Rekayasa Industri supaya lebih cepat pembangunan infrastruktur. Bahkan, jika itu diserahkan ke PGN siap untuk menggarapnya “Harusnya BPH Migas yang tanya ke Rekayasa Industri. Kalau diserahkan ke PGN, kami bangun,” ujar dia di Jakarta, Rabu (17/10).

Proyek ini awalnya dimenangkan rekind pada 2006 lalu, namun perkembangannya masih di tempat. Alhasil pada 2015, BPH Migas menugaskan Rekind mengoperatori proyek gas tersebut dengan menggandeng perusahaan BUMN.

Rekind pun menggandeng Pertagas untuk bekerjasama melalui MoU. Rekind memiliki hak kelola mayoritas pada proyek tersebut. Namun Rekind tetap memiliki mayoritas saham sebesar 60%.

Pipa gas Cirebon-Semarang akan dibangun sepanjang 255 kilometer (km). Hitungan awal saat ini nilai investasi proyek tersebut mencapai US$ 400 juta. 

(Baca: Mangkrak 11 Tahun, Rekind Tetap Lanjutkan Proyek Pipa Cirebon-Semarang)

Tahun lalu, Rekind berencana menemui industri di Jawa Barat dan Jawa Tengah yang berminat menyerap gas dari proyek tersebut. Ini karena menurut Direktur Strategi Development and Risk Management Rekind Yanuar Budinorman kendala proyek ini adalah pasokan gas dan pembelinya. “Kami sudah dipanggil BPH Migas dan Kementerian ESDM. Saat ini kami bersama-sama akan selesaikan proyek ini," kata dia di Jakarta, Jumat (18/8).

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement