Pinjaman Rp 19,7 T untuk Pembangkit Jawa I Ditarget Cair Tahun Depan

Anggita Rezki Amelia
22 Oktober 2018, 10:59
Pembangkit Listrik
Arief Kamaludin|KATADATA
ilustrasi.

Pendanaan untuk Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Jawa 1 ditargetkan bisa cair awal tahun depan. Pinjaman ini berasal dari beberapa lembaga keuangan yang dipimpin Japan Bank for International Corporation (JBIC).

Direktur Utama Pertamina Power Indonesia Ginanjar mengatakan total pinjaman untuk Proyek Jawa 1 ini mencapai US$ 1,3 miliar. Dari jumah itu, JBIC selaku pemimpin konsorsium mendanai sekitar US$ 600 juta.

Advertisement

Selain dari JBIC, pendanaan berasal dari Asian Development Bank (ADB) sebesar US$ 303 juta. Lalu ada Nippon Export and Investmet Insurance (NEXI) US$ 400 juta.

Mengutip Nikkei Asian Review, NEXI ini mengkoordinasikan beberapa lembaga keuangan. Di antaranya Mizuho Bank, MUFG Bank, OCBC Bank of Singapore, French banks Societe Generale dan Credit Agricole.   

Menurut Ginanjar, dana itu akan dikucurkan ketika keputusan final pendanaan (financial close/FC) selesai. “Dana dari lender itu akan dikucurkan dua bulan setelah FC  atau dua bulan setelah November nanti,” kata dia kepada Katadata.co.id, Senin (22/10).

Konsorsium yang menggarap Jawa 1 memang menargetkan keputusan final pendanaan itu selesai paling lambat 15 November 2018. Pertamina dan anggota konsorsium lainnya masih memfinalisasi pemenuhan pembiayaan  proyek anyar itu.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement