Ekspansi ke Fintech, Line Financial Beli 20% Saham Bank KEB Hana

Hari Widowati
28 Oktober 2018, 13:11
LINE
LINE
LINE, salah satu platform pertukaran pesan yang populer di Indonesia, mengembangkan bisnisnya ke bidang perbankan digital.

Line Corporation (LINE) melalui anak usahanya Line Financial Asia akan membeli 20% saham PT Bank KEB Hana Indonesia (Bank KEB Hana) untuk memperluas layanannya ke bisnis perbankan digital. Dengan transaksi ini, Line dan Bank KEB Hana menargetkan menjadi pemimpin pasar digital finance di Indonesia dan di Asia.

Dalam siaran persnya, Line Financial Asia mengatakan perusahaan akan menjadi pemegang saham kedua di Bank KEB Hana. Saat ini pemegang saham utama Bank KEB Hana adalah KEB Hana Bank (Korea) dengan kepemilikan 89%. Pemegang saham lainnya adalah International Finance Corporation (IFC) sebesar 9,99% dan Bambang Setijo 1,01%. Kerja sama ini akan menambah layanan perbankan digital sebagai bagian dari ragam layanan dan konten LINE di Indonesia.

LINE merupakan salah satu platform pertukaran pesan yang populer di Indonesia. Sementara itu, PT Bank KEB Hana adalah salah satu bank multinasional yang dianggap sukses menjangkau nasabah lokal di Indonesia. Kerja sama LINE dan Bank KEB Hana ditandatangani di Tokyo pada 26 Oktober 2018.

“Melalui kerja sama dengan PT Bank KEB Hana Indonesia, kami akan meluncurkan layanan perbankan yang mudah digunakan serta inovatif di Indonesia,” ujar CEO LINE Financial Asia In Joon Hwang, dalam siaran pers yang diterima Katadata.co.id, Minggu (28/10). Kerja sama ini merupakan langkah penting bagi LINE untuk menjadi pemimpin di industri mobile banking dan memperluas layanan teknologi finansial (fintech).

​Direktur Utama Bank KEB Hana Lee Hwa-Soo mengatakan, kombinasi teknologi digital canggih LINE dan pengalaman perbankan retail Bank KEB Hana akan menjadi masa depan industri perbankan. "Kerja sama ini menunjukkan model finansial baru yang dimulai di Indonesia,” kata Lee.

Line Financial Asia akan memfinalisasi perjanjian dengan PT Bank KEB Hana setelah menerima persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Layanan perbankan digital hasil kolaborasi LINE dan Bank KEB Hana diperkirakan akan diluncurkan pada 2019.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...