Kotak Hitam Pesawat Lion Air JT 610 Masih Dicari

Ameidyo Daud Nasution
29 Oktober 2018, 16:40
Lion Air Jatuh
ANTARA FOTO/Elza Elvia
Petugas bandara mengecek data penumpang pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 610 rute Jakarta menuju Pangkal Pinang di bandara Depati Amir, Pangkal Pinang, Bangka Belitung, Senin (29/10/2018). Kepala Kantor SAR Pangkal Pinang Danang Pandu membenarkan hilangnya kontak dengan pesawat Lion Air tersebut.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan bahwa pesawat Lion Air JT 610 jatuh pada perairan di utara Kabupaten Bekasi. Petugas masih mencari kotak hitam sebagai bahan penyelidikan penyebab jatuhnya pesawat.

Hal ini dikatakannya saat memberi keterangan pers di Bandara Soekarno Hatta, Banten. "Pesawat membawa 188 penumpang terdiri dari 181 penumpang dan 7 awak," kata Budi di Jakarta, Senin (29/10).

Pesawat yang digunakan dalam penerbangan JT 610 tersebut berjenis Boeing 737 800 Max yang baru beroperasi pada Agustus 2018 dan lama penerbangan 800 jam. Saat ini Badan SAR Nasional (Basarnas) dengan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) sedang lakukan upaya pencarian badan pesawat.

"Kepala KNKT dan Basarnas sudah keliling sekitar lokasi kecelakaan," kata Budi.

Kepala KNKT Suryanto mengatakan telah mengambil beberapa serpihan pesawat dan saat ini berkonsentrasi untuk mencari badan pesawat di kedalaman 35 meter. Pihaknya siap melibatkan kapal Tentara Nasional Indonesia (TNI) hingga Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) untuk mencari badan pesawat.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...