DIVA, Startup Digitalisasi UKM yang Incar Rp 803,6 Miliar Lewat IPO

Desy Setyowati
30 Oktober 2018, 17:51
 Bursa Efek Indonesia
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang tidak berubah pada pembukaan perdagangan di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (10/7).

PT Distribusi Voucher Nusantara (DIVA) berencana mencatatkan saham perdananya (initial public offering/IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada November 2018. Lewat IPO, perusahaan yang fokus pada digitalisasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) ini menargetkan dana terkumpul Rp 803,6 miliar.

DIVA berencana melepas 214,28 juta lembar saham atau setara dengan 30% dari modal yang disetor dengan nilai nominal Rp 100. Saham anak usaha Kresna Graha Investama ini dihargai antara Rp 2.800 dan Rp 3.750 per saham, sehingga dana yang diperoleh bisa mencapai Rp 600 miliar hingga Rp 803,6 miliar.

Sebelumnya, DIVA mencatatkan laba bersih sebesar Rp 3,37 miliar per Mei 2018. Laba tersebut tumbuh 111,17% dibanding periode sama tahun lalu (year on year/yoy) yang senilai Rp 1,59 miliar.

Presiden Direktur DIVA Raymond Loho menjelaskan, 55% dari hasil IPO akan dipakai untuk modal kerja 40% untuk belanja modal dan 5% sisanya akan investasi Sumber Daya Manusia (SDM). "Kami percaya bahwa IPO hanya awal dari apa yang dapat kami lakukan untuk memberdayakan UKM Indonesia untuk bersaing dalam ekonomi digital," kata dia dalam siaran pers yang diterima Katadata, Selasa (30/10).

Model bisnis DIVA adalah mengkonversi dan mengakselerasi bisnis tradisional dalam platform bisnis terpadu. DIVA menyediakan platform digital terintegrasi yang disebut DIVA Smart Outlet (SO) dan DIVA Intelligent Instant Messaging (IIM) untuk mendukung pelaku UKM dalam mengelola bisnis. UKM yang menjadi pelanggan DIVA bisa menawarkan multi-produk melalui multi-channel.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...