Go-Jek Masuk Daftar 10 Merek Paling Bernilai di Indonesia

Desy Setyowati
31 Oktober 2018, 07:00
Gojek
ARIEF KAMALUDIN | KATADATA
Pengemudi ojek Go-Jek mengantarkan penumpang menuju salah satu kawasan perkantoran di Jakarta, Jumat (26/06/2015).

Brandz bersama dengan WPP dan Kantar Millward Brown mengumumkan daftar merek paling bernilai di Indonesia pada 2018 pada Rabu (24/10) pekan lalu. Yang menarik, penyedia layanan on-demand Go-Jek masuk 10 besar merek paling mahal di Indonesia.

Tepatnya, Go-Jek menempati posisi ketujuh dengan nilai merek perusahaan US$ 2,38 miliar atau Rp 36,23 triliun. "Salah satu merek yang sukses mengomunikasikan kepada para konsumen atas proposisi baru dan disruptif mereka adalah Go-Jek," demikian dikutip dari siaran pers yang diterima Katadata, Selasa (30/10).

(Baca juga: Bocoran Google untuk Startup yang Ingin Jadi Unicorn)

Ini pertama kalinya Go-Jek masuk daftar merek perusahaan paling bernilai di Indonesia. Selain Go-Jek, tiga unicorn nasional juga masuk daftar tersebut. Nilai merek Traveloka sebesar US$ 805 juta dan menempati posisi ke-20. Sementara nilai merek Tokopedia US$ 330 juta di peringkat ke-33, dan merek Bukalapak ditaksir senilai US$ 298 juta di posisi ke-37.

Tahun ini, BrandZ memang menerapkan beberapa perubahan kriteria dalam pendaftaran. Alhasil, merek unicorn dan privat bisa masuk daftar peringkat selama yang bersangkutan memiliki informasi finansial yang kredibel atau dapat memberikan keterangan detil mengenai dana kepada publik. "Mereka (unicorn) dianggap sebagai merek yang dapat menciptakan pasar baru (disruptor brand)," demikian dikutip.

Merek dari keempat unicorn tersebut dinilai memenuhi keinginan masyarakat Indonesia dalam mengakses lebih banyak pilihan serta pengalaman bagi para konsumen. Penilaian atas inovasi dari keempat unicorn itu rata-rata sebesar 123 dan 130 atas pengalaman. Yang mana, nilai 100 merupakan nilai untuk merek yang dianggap rata-rata.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...