Kotak Hitam Lion Air JT 610 Ditemukan Utuh

Ameidyo Daud Nasution
1 November 2018, 12:44
Lion Air Jatuh
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Sebanyak 14 kapal tetap dikerahkan untuk melakukan operasi pencarian di permukaan laut maupun di dasar laut menggunakan alat khusus pendeteksi bawah laut.

Kotak hitam atau  black box milik Lion Air JT-610  yang jatuh diperairan  Tanjung Karawang , Jawa Barat akhirnya ditemukan di kedalaman sekitar 30 meter  oleh penyelam Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut Sersan Satu Hendra. Dalam pencarian, tim menggunakan Kapal Riset Baruna Jaya I milik Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Sertu Hendra mengatakan dia bersama tim menggunakan alat bantu untuk mempermudah pencarian. Dengan bantuan alat, maka wilayah pencarian diperkecil dan mempermudah penemuan objek.

"Kami gali dan alat tersebut ditemukan," kata Hendra sebagaimana yang dikutip dari siaran langsung Kompas Tv, Kamis (1/11).

(BacaBasarnas Deteksi Lima Titik Sinyal Kotak Hitam Lion Air JT 610)

Kapal Baruna Jaya menjadi salah satu kapal yang diandalkan  untuk mencari bangkai pesawat terbang Lion Air JT-610 tujuan Jakarta - Pangkal Pinang telah berada di lepas pantai Karawang untuk misi pencarian.

Alat Canggih

Selain mencari bangkai pesawat, tim juga membawa sejumlah peralatan modern  untuk mencari kotak hitam Lion Air. "Kapal riset Baruna Jaya I membawa empat alat canggih mencari black box,"  dilansir dari akun resmi BPPT di Instagram.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...