Tersisa Dua Bulan, Capaian Program Peremajaan Sawit Jauh dari Target

Michael Reily
9 November 2018, 19:53
Kelapa sawit
Arief Kamaludin|KATADATA
Kebun pembibitan kelapa sawit di Riau.

Kementerian Pertanian menyatakan telah mengeluarkan rekomendasi teknis untuk program peremajaan sawit rakyat sebanyak 42.950 hektare hingga Oktober 2018.  Capaian tersebut  relatif rendah atau hanya memenuhi sekitar 23,2%  dari target program peremajaan sawit tahun ini sebesar 185 ribu hektare.

Direktur Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian Bambang menyatakan ada  hambatan dari sisi peraturan, sehingga implementasinya pun ikut terkendala. "Rekomendasi teknis final setelah proses penyederhanaan  di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian beberapa waktu lalu," kata Bambang di Jakarta, Jumat (9/11).

Menurutnya, pendanaan juga menjadi salah satu persoalan yang menyebabkan banyak petani sawit rakyat enggan mengikuti program ini. Alhasil, Kementerian Pertanian baru menyerahkan rekomendasi teknis untuk permintaan pembayaran pada Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Kelapa Sawit pada bulan September lalu.

Alokasi pendanaan program peremajaan  sebesar Rp 25 juta per hektar pun disebut kurang menarik bagi petani sawit. Apalagi kalau kepastian pembayaran program peremajaan sawit  juga tak memiliki jelasan dengan prosedur pencairan dana yang  berbelit.

(Baca: Pemerintah Evaluasi Izin 2,3 Juta Hektare Perkebunan Sawit)

Contohnya terkait  sasaran program peremajaan sawit yakni petani yang memiliki pohon sawit  berusia di atas 25 tahun. Meski sudah tua, pohon sawit masih memiliki 1 atau 2 tandan buah segar yang bisa dijual sehingga petani tanamannya enggan diremajakan. "Alasan mereka tak mau ikut program juga untuk keperluan sehari-hari," ujar Bambang.

Meski begitu, dia masih optimistis target program peremajaan sawit rakyat masih bisa tercapai. Sebab, Kementerian Pertanian terus melakukan sosialisasi program tersebut. Sehingga, percepatan program diharapkan bisa lebih optimal pada 2019.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...