BPTJ Usul Ganjil-Genap Diperpanjang Hingga Akhir Tahun Depan

Image title
12 November 2018, 15:39
Kemacetan DKI Jakarta
Katadata | Donang Wahyu

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) menyarankan untuk memperpanjang kebijakan ganjil-genap hingga akhir tahun depan untuk mengurangi kemacetan. Alasannya, kebijakan sistem jalan berbayar elektronik (electronic road pricing/ERP) baru bisa diterapkan akhir 2019.

Kebijakan perluasan ganjil-genap di jalan protokol DKI Jakarta akan selesai pada akhir Desember ini. Adapun kebijakan ganjil-genap di jalan tol masih diterapkan terus. Namun, BPTJ tengah mengevaluasi kemungkinan perpanjangan ganjil-genap di jalanan DKI Jakarta setelah kebijakan tersebut berakhir. "Saya sarankan (ganjil-genap) diperpanjang terus sampai ERP jadi (pada akhir tahun depan)," ujar Kepala BPTJ Bambang Prihartono, di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Senin (12/11).

BPTJ menyarankan hal tersebut agar tidak ada kekosongan kebijakan yang terjadi sejak berakhirnya kebijakan ganjil-genap pada Desember nanti hingga implementasi ERP pada akhir tahun depan. Jika ada kekosongan kebijakan, kondisi jalanan ibu kota berpotensi jadi semrawut lagi.

(Baca: Pemberlakukan Perluasan Ganjil Genap Diperpanjang)

Penerapan kebijakan ERP baru bisa direalisasikan pada akhir tahun depan karena BPTJ masih membutuhkan waktu hingga setahun untuk mempersiapkannya. Hingga saat ini, kebijakan ERP masih dalam tahap studi. Mereka belum melakukan persiapan lebih lanjut terkait hal itu. Bahkan, lelang untuk perusahaan yang akan berinvestasi di alat-alat pendukung kebijakan ERP baru dilaksanakan tahun depan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...