Pengalihan Hak Kelola Blok ONWJ ke BUMD Terkendala Penerimaan Daerah

Penulis: Anggita Rezki Amelia

Editor: Arnold Sirait

14/11/2018, 13.33 WIB

Pertamina Hulu Energi dan BUMD masih membahas bentuk penerimaan untuk pemerintah daerah.

Rig Minyak
Katadata

PT Pertamina Hulu Energi (PHE) hingga kini belum bisa menyelesaikan pengalihan hak kelola (participating interest/PI) sebesar 10% di Blok Offshore North West Java (ONWJ)  ke Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Kedua belah pihak masih membicarakan hal teknis, seperti penerimaan yang diperoleh daerah karena awalnya Pertamina akan menalangi dana investasi.

Media and Relations Manager PHE Ifki Sukarya mengatakan pemerintah daerah menginginkan ada penerimaan setiap tahunnya. “Intinya mereka minta minimal satu tahun itu ada penerimaan, nah penerimaannya seperti apa, itu kan perlu didiskusikan," kata dia di Jakarta, Selasa (13/11).

Meski begitu, menurut Ifki, pembahasan itu sudah hampir selesai. Sehingga, harapannya, pengalihan hak kelola bisa terlaksana dalam waktu dekat.

Adapun, BUMD yang menerima PI 10% dari Blok ONWJ itu adalah PT Migas Hulu Jabar ONWJ (MUJ ONWJ). Sebelumnya PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) telah menandatangani Perjanjian Pengalihan dan Pengelolaan 10% PI di Blok ONWJ  dengan MUJ ONWJ di Kantor Gubernur Jawa Barat, Bandung, Selasa (9/12/2017).

Pengalihan 10% saham blok ONWJ kepada daerah itu merupakan amanah dari Peraturan Menteri ESDM No. 37 Tahun 2016 tentang Ketentuan Penawaran Participating Interest 10% Pada Wilayah Kerja Minyak dan Gas Bumi. 

Dalam aturan anyar itu disebutkan bahwa BUMD dapat menjadi mitra pemegang participating interest paling banyak 10% dalam pengelolaan wilayah kerja migas yang berada di wilayah provinsi yang bersangkutan, dalam hal ini Jawa Barat dan DKI Jakarta. Aturan ini memperkenankan BUMD mendapatkan talangan dana dari kontraktor untuk mendapatkan hak kelola migas.

(Baca: PHE Beberkan Penyebab Biaya Produksi Blok ONWJ Besar)

Adapun keterlibatan MUJ ONWJ di Blok ONWJ merupakan partisipasi pertama dalam PSC Gross Split. Dengan pengalihan PI ini, sinergi antara PHE ONWJ dengan MUJ ONWJ serta Pemerintah Daerah Jawa Barat dan DKI Jakarta diharapkan dapat memperlancar kegiatan operasi di Blok ONWJ. 

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan