Klaim Asuransi Gempa Lombok dan Palu-Donggala Capai Rp 1,17 Triliun

Image title
22 November 2018, 19:36
Gempa Palu
ANTARA FOTO/Biropers-Kris
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Menkopolhukam Wiranto (kedua kiri), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kiri) dan Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola (kiri) mengunjungi lokasi gempa bumi dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (30/9). Presiden memerintahkan jajarannya untuk memprioritaskan evakuasi korban sebagai langkah pertama penanganan bencana gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) menyampaikan, jumlah laporan klaim pada bencana gempa dan tsunami di Palu-Donggala, Sulawesi Tengah dan gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat mencapai 969 laporan per 25 Oktober 2018 dengan rincian 247 klaim gempa dan tsunami Palu-Donggala, dan sisanya 722 klaim gempa Lombok dengan total nilai kerugian asuransi mencapai Rp1,17 triliun.

Wakil Ketua AAUI Trinita Situmeang merinci, dari kejadian gempa dan tsunami di Kota Palu dan Donggala ini terdapat 247 pengajuan klaim dengan nilai pertangungan senilai Rp 5,8 triliun. Dari total pengajuan klaim tersebut, AAUI mengestimasi ada kerugian senilai Rp558 miliar untuk 123 kasus klaim. Sedangkan 124 sisanya, belum ada estimasinya.

(Baca: Imbas Gempa dan Tsunami, Inflasi di Palu Capai 2,27% pada Oktober)

Sementara itu, untuk bencana gempa bumi di Lombok jumlah klaim yang masuk sebanyak 722 klaim dengan total harga pertanggungan senilai Rp47 triliun. Laporan yang sudah masuk disertai dengan estimasi, ada 443 klaim dengan jumlah kerugian senilai Rp616,5 miliar. Sedangkan, 279 klaim sisanya belum diestimasikan.

"Masih dalam proses perhitungan, masih dimintakan, atau bisa jadi tidak klaim. Ada beberapa kondisi. Orang tidak bisa bayar kredit, itu ditanggung kredit asuransi, mutiple effect-nya banyak," kata Trinita di kantornya, Jakarta, Kamis (22/11).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...