Riset Google: 1 dari 2 Pengguna Internet Indonesia Adopsi Fintech

Pingit Aria
28 November 2018, 15:54
Google digital
Arief Kamaludin (Katadata)

Riset yang dilakukan Google dan Temasek menunjukkan layanan pembayaran digital kini telah menjadi sarana baru bagi masyarakat Asia tenggara. Di Indonesia, 1 dari 2 pengguna internet telah menggunakan layanan financial technology (fintech) pembayaran.

Beberapa penyedia pembayaran digital yang cukup populer di Indonesia, di antaranya adalah Go-Pay, Ovo, Dana, TCash, dan sebagainya. Seolah tak mau kalah, perbankan pun meluncurkan beberapa fitur uang elektronik seperti Mandiri e-cash, BCA Sakuku.

Menurut riset Google dan Temasek bertajuk 'e-Conomy SEA 2018' itu, adopsi layanan pembayaran digital di Indonesia sudah mencapai angka 46%. Artinya, 1 dari 2 pengguna internet telah bertransaksi secara digital.

"Penggunaan internet mobile yang tinggi di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia memudahkan adopsi pembayaran digital," kata Managing Director Google Indonesia, Randy Jusuf, Selasa (27/11).

Ia menyatakan, layanan pembayaran digital memiliki prospek pertumbuhan yang tinggi beberapa tahun ke depan. Apalagi, metode pembayaran digital juga sudah diterima di berbagai merchant offline.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...