QueenRiders, Startup Edukasi Aman Berkendara bagi Perempuan

Desy Setyowati
1 Desember 2018, 06:00
QueenRides
Katadata/Desy Setyowati
Ratusan pengemudi perempuan Go-Jek mengikuti pelatihan keselamatan berkendara bersama QueenRides di Jakarta, Selasa (28/11).

Di Indonesia, pengendara perempuan terutama ibu-ibu kerap dianggap kurang cakap dan diidentikkan dengan ‘sein kanan, belok kiri’. Untuk melawan persepsi negatif itu berusaha dilawan oleh QueenRides.

Berdiri sejak 2016, QueenRides merupakan startup yang fokus memberdayakan perempuan perempuan agar berkendara secara aman. Kini, anggotanya mencapai 200 ribu orang.

"Kami sudah edukasi secara offline mengenai cara berkendara yang aman kepada 9 ribu perempuan di Indonesia," kata Iim Fahima Jachja, Founder dan CEO QueenRides di kantor Go-Jek, Jakarta, Selasa (27/11).

Ia mencatat, jumlah pengendara perempuan meningkat 42% dalam empat tahun terakhir. Namun, pengendara perempuan yang mengalami kecelakaan meningkat 49,5% dalam dua tahun terakhir. Berkaca dari kondisi itu, menurutnya edukasi seputar berkendara yang aman perlu dilakukan secara rutin kepada pengendara perempuan.

Berdasarkan survei terhadap 3.500 pengendara perempuan, sebanyak 80% merupakan tulang punggung keluarga. Lalu, 95% responden mengakui bahwa Surat Izin Mengemudi (SIM) diperoleh secara ilegal.

Tak heran, bila Korps Lalu Lintas Kepolisian RI (Korlantas Polri) menyebut bahwa lima dari dua pengendara yang mengalami kecelakaan adalah perempuan. "Ini yang mau kami perbaiki," kata Iim.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...