Teriakan “Hidup Prabowo” dan Kedatangan Elite Partai di Reuni 212

Muchamad Nafi
2 Desember 2018, 13:28
Ilustrasi Demo
Katadata

Mengenakan kemeja putih dan berkacamata hitam, lelaki 67 tahun itu melewati kerumunan manusia di areal Monumen Nasional, Jakarta. Dia didampingi sejumlah tokoh politik dan panitia Reuni 212, kelompok massa yang pada 2016-2017 melakukan serangkaian demo besar-besaran untuk menuntut Gubernur DKI Jakarta ketika itu, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, karena dituding menistakan Islam.

Sebagian massa di sekitarnya berusaha mendekat. Lalu, mereka berteriak, “Hidup Prabowo, hidup Prabowo, hidup Prabowo!” tanpa terputus sambil mengacungkan jempol dan telunjuknya ke atas membentuk angka dua. Sang tokoh, Prabowo Subianto, merupakan calon presiden dengan nomor urut 02 yang berpasangan dengan Sandiaga Uno.

(Baca: PA 212 Minta Polisi Tak Izinkan Aksi Tandingan Reuni 212 )

Setelahnya, mantan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus TNI itu menyampaikan pidato singkat. Ia berujar, “Sebagaimana kalian ketahui, saya mendapat tugas dan amanah sebagai calon presiden RI. Karena itu, saya harus patuh dan mengikuti semua ketentuan. Saya tidak boleh bicara politik pada kesempatan ini, saya tidak boleh kampanye.”

Prabowo menyudahi pidatonya di atas panggung sekitar tiga menit kemudian. “Jadi, saya hanya ingin mengucapkan terima kasih bahwa saya diundang hari ini oleh panitia,” kata Prabowo Subianto seperti dikutip kantor berita Antara, Minggu (2/12/2018).

Para elite partai yang berbarengan dengannya di sekitar panggung utama dan tenda VIP di antaranya Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan yang didampingi Sekjen PAN Eddy Soeparno dan Wakil Ketua Dewan Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid bersama Sekjen PKS Mustafa Kamal.

Lalu, ada pula Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fahri Hamzah, Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais, dan mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Adhyaksa Dault. (Baca: Prabowo-Sandiaga Bakal Jadi Tamu Kehormatan di Reuni Aksi 212).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...