Ekspor Udang Indonesia Diprediksi Tembus Rp 26 Triliun Tahun Ini

Image title
Oleh Antara
11 Desember 2018, 09:56
Tambak Udang
ANTARA FOTO/Aji Styawan
Petambak udang vaname sedang memberi makan

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mencatat komoditas udang masih menjadi primadona untuk ekspor hasil perikanan. Hingga akhir tahun, ekspor udang diprediksi mampu menembus US$ 1,8 miliar atau sekitar Rp 26,3 triliun dengan pasar tujuan ekspor utama dari Amerika Serikat (AS).

Menurut catatan KKP, total ekspor perikanan mencapai hingga sekitar US$ 5 miliar atau sekitar Rp 73 triliun. "Ekspor udang masih menjadi primadona ekspor hasil perikanan hingga akhir tahun ini yang mencapai US$ 1,8 miliar dengan volume 180.000 ton," kata Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan perikanan (PDSPKP) KKP Rifky Effendi Hardijanto, Jakarta, Senin.

(Baca: Persaingan Ketat, Eksportir Udang Incar Pasar Nontradisional)

Menurut dia, dalam dua hingga tiga tahun ke depan pihaknya akan terus berupaya mendongkrak peningkatan ekspor udang nasional dengan target ekspor mencapai US$ 2,8 miliar per tahun.

Guna  mencapai target tersebut, dibutuhkan tambahan volume ekspor udang sebesar 100.000 ton, sehingga PDSPKP tengah bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya KKP untuk bisa meningkatkan produksi udang budidaya dalam negeri.

"Selama ini produksi udang budidaya merupakan penyumbang terbesar ekspor udang nasional yang mencapai 80% dari sisanya dari perikanan tangkap," kata Dirjen PSDPKP.

Selain menggenjot produksi udang, KKP juga menggenjot produksi ikan lainnya seperti tuna yang berada di urutan kedua terbesar penyumbang ekspor sektor kelautan dan perikanan.

Kemudian untuk cakalang dan tongkol di urutan kelima dan rumput laut di urutan keenam dari segi nilai ekspor, tapi kedua dari segi volume.

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...