Jokowi-Ma'ruf Amin Ditargetkan Raup 70% Suara di Jawa Timur

Dimas Jarot Bayu
11 Desember 2018, 19:33
Jokowi maruf
ANTARAFOTO | Yulius Satria
Pasangan calon nomor urut 01 di Pilpres 2019, Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Pasangan calon nomor urut 01 dalam Pilpres 2019, Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin, ditargetkan mampu meraup 70% suara di Jawa Timur, khususnya di Pulau Madura. Pada Pilpres 2014, perolehan suara Jokowi di Madura kalah dari Prabowo Subianto karena banyaknya isu negatif yang berbau suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur La Nyalla Mahmud Mattalitti memastikan pasangan calon Jokowi-Ma'ruf bakal menang di Madura. Bahkan, ia berani bertaruh nyawa jika nanti Jokowi-Ma'ruf kalah dari Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di daerah tersebut.

"Saya kan sudah ngomong, potong leher saya kalau Prabowo bisa menang di Madura," kata La Nyalla di kediaman Ma'ruf, Jalan Situbondo, Jakarta, Selasa (11/12).

Menurutnya, masyarakat Madura selama ini tak memilih Jokowi karena tak paham sosoknya. Jokowi di Madura selama ini dituduh sebagai antek Partai Komunis Indonesia (PKI). Jokowi pun dituduh non-muslim dan beretnis Tionghoa.

(Baca: Jokowi Makin Populer di Jatim, Didukung Pemilih Gus Ipul dan Khofifah

La Nyalla mengakui, dia yang menyebarkan Tabloid Obor Rakyat di Madura pada waktu itu karena ia berada di kubu oposisi. Tabloid tersebut berisi kampanye hitam terhadap Jokowi.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...