Polisi Tangkap Spesialis Pembobol ATM Bank

Muchamad Nafi
19 Desember 2018, 11:33
ATM
Arief Kamaludin|KATADATA
ATM

Aparat polisi menangkap dua dari empat spesialis pembobol rekening nasabah bank. Setelah beberapa bulan beraksi dan  membobol uang nasabah hingga puluhan juta rupiah, keduanya dibekuk Senin (17/12) kemarin di Cikarang Selatan, Bekasi, Jawa Barat.

Kepala Kepolisian Sektor Cikarang Selatan, Komisaris Alin Kuncoro, mengatakan kedua tersangka tersebut yakni Adirandi (39) dan Suhebah (41). Sementara dua orang masih buron berinisial IR dan DO. “IR dan DO kabur saat penyidik mendatangi rumahnya di daerah Tangerang,” kata Alin, Rabu (19/12/2018).

Advertisement

Menurut Alin, pembobolan terakhir yang mereka lakukan di sebuah mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Supermarket Giant di Villa Mutiara Cikarang Desa Ciantra, Kecamatan Cikarang Selatan pada Jumat (14/12) petang. Saat itu, mereka mengambil uang milik orang tua korban, Nuril Jannah (24) sebesar Rp 67 juta.

Korban baru mengetahui uang di rekeningnya raib saat beberapa hari mengecek saldo ke mesin ATM. “Pas dicek saldonya berkurang. Korban kemudian melapor ke kami untuk diselidiki,” ujarnya.

Sebelum mengelabui korban, para tersangka lebih dulu mengganjal lubang kartu di mesin ATM menggunakan sebatang tusuk gigi. Mereka bahkan mengamplas kartu ATM palsu miliknya dan disematkan ke dalam lubang kartu mesin ATM.

Adriandi dan IR lalu berpura-pura menunggu antrean di ruang mesin ATM. “Karena diganjal sebatang tusuk gigi dan kartu ATM palsu miliknya, korban kesulitan saat memasukkan kartu ATM ke dalam mesin,” katanya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement