Pasang Wifi di Pesawat, Citilink Targetkan 18 Juta Penumpang

Michael Reily
20 Desember 2018, 16:13
Citilink
Arief Kamaludin | Katadata

Citilink Indonesia menargetkan pertumbuhan penumpang pesawat hingga 18 juta orang pada 2019. Angka ini menunjukkan pertumbuhan 20% dibandingkan jumlah penumpang yang dicatatkan Citilink hingga awal Desember 2018 sebanyak 15 juta orang.

Direktur Utama Citilink Juliandra Nurtjahjo menjelaskan, strategi utama perusahaan adalah menggaet generasi milenial atau penumpang berusia 25-39 tahun. "Mayoritas pebisnis dan pelancong bisa membuat pertumbuhan penumpang lebih dari 10%," kata Juliandra, di Jakarta, Kamis (20/12).

Pemasangan wireless fidelity (wi-fi) atau jaringan internet nirkabel akan memuaskan pengalaman penumpang saat terbang menggunakan pesawat Citilink. Alhasil, pelayanan itu bisa membuat pelanggan lama semakin betah dan mampu memancing pelanggan baru.

Meski demikian, Juliandra memastikan layanan teknologi tidak akan mengubah ciri khas Citilink yang mengedepankan pengalaman budaya lokal. "Kami mengikuti perkembangan teknologi tetapi tidak akan melupakan keanekaragaman industri di Indonesia," ujar Juliandra.

Tahun depan, Citilink bakal menambah frekuensi penerbangan domestik, tetapi tak mengelaborasi rute baru yang akan dibuka. Juliandra menyebutkan maskapainya hanya akan menambah 3 pesawat baru.

Dia melanjutkan, Citilink akan membuka rute internasional ke Kuala Lumpur, Malaysia, dan Singapura yang target keterisiannya (load factor) sebesar 71%. Tahun ini, penerbangan ke Penang, Malaysia sudah dibuka dengan tingkat keterisian mencapai 80%.

(Baca: Penerbangan Domestik Garuda dan Citilink akan Sediakan Wifi Gratis)

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...