Penerbangan Domestik Garuda dan Citilink akan Sediakan Wifi Gratis

Ameidyo Daud Nasution
14 November 2018, 21:40
Citilink
Donang Wahyu | KATADATA

Maskapai nasional PT Garuda Indonesia Tbk dan PT Citilink Indonesia Airlines akan menyediakan fasilitas wireless fidelity (wifi) gratis di pesawat tujuan domestik mulai 2019. Garuda Group menggandeng Inmarsat Aviation, Lufthansa Technik, Lufthansa Systems, dan Mahata Aero Teknologi untuk menyediakan fasilitas ini.

Garuda menggunakan GX Aviation System produk dari Inmarsat Aviation untuk memasang fasilitas internet. GX Aviation adalah layanan konektivitas nirkabel global berkecepakatan tinggi dengan jaringan High Throughput Satellite (HTS). Lufthansa Technik dan Lufthansa Systems bertindak sebagai penyedia perangkat keras dan perangkat lunak. Adapun Mahata Aero Teknologi akan bertindak sebagai integrator fasilitas.

Advertisement

"Setelah melihat kebutuhan ternyata internet wireless ini perlu," kata Direktur Layanan Garuda Nicodemus P Lampe, di Jakarta, Rabu (14/11). Nantinya, fasilitas wifi 50 megabyte (MB) akan terpasang di 73 pesawat Boeing 737 dan 6 pesawat Airbus A-330 milik Garuda secara bertahap. Sebelumnya Garuda telah memiliki layanan wifi berbayar namun terbatas pada pesawat Boeing 777 serta A-330 yang digunakan untuk penerbangan internasional.

Selain itu, secara bertahap akan dipasang pula wi-fi di 51 pesawat Airbus A-320 milik Citilink. Direktur Utama Citilink Juliandra Nurtjahjo mengatakan, pemasangan wifi gratis ini bagian dari peningkatan inflight entertainment dan meningkatkan para milenial yang bepergian dengan Garuda dan anak usahanya.

(Baca: Garuda Cari Utang US$ 300 Juta untuk Lunasi Pinjaman Jangka Pendek)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement