Gandeng Mitra Lokal, Sarinah Akan Kembangkan Gerai di Arab Saudi

Michael Reily
21 Desember 2018, 09:15
UMKM Kreatif
Arief Kamaludin|Katadata

PT Sarinah (Persero) siap merambah pasar Arab Saudi tahun depan. Perseroan akan mengembangkan dua unit gerai di Jeddah dan Mekah dengan menggandeng mitra lokal.

Direktur Utama Sarinah, Gusti Ngurah Putu Sugiarta Yasa mengatakan ekspansi bisnis ke Arab Saudi merupakan rencana bisnis jangka menengah perseroan. Arab Saudi dinilai potensial seiring dengan jumlah penduduk muslim terbesar dunia dan diperkirakan ada lebih dari 300 ribu jamaah haji dn umrah Indonesia berkunjung ke sana tiap tahunnya.

"Mudah-mudahan 2019 bisa direalisasikan. Kami sudah melakukan penjajakan dan sudah mendapat mitra lokal," ujarnya, Kamis (20/12).

Produk yang akan ditawarkan di gerai tersebut di anatarnya adalah makanan dan minuman serta kebutuhan ibadah  pengunjung. "Kami akan sesuaikan dengan kebutuhan pasar," kata Ngurah.

(Baca: Bentuk Usaha Patungan, Alfamart Perdalam Ekspansi di Filipina)

Selain melalui ekspansi gerai, perseroan juga tengah menyasar peningkatan penjualan produk industri kreatif seperti batik dan kerajinan rotan  ke Asia Tenggara. "Sasaran kami Tiongkok dan Filipina, sementara di Asean kami sedang mengirim batik ke Myanmar dan Thailand," katanya. 

Sebelumnya produk tersebut cukup banyak diminati oleh pembeli dari negara di kawasan Eropa dan Afrika. 

Dengan ekspansi ini, dia berharap bisa meningkatkan kontribusi ekspor yang mana hingga saat ini nilainya masih kecil. Hingga Oktober 2018, Ngurah mengaku total ekspor Sarinah baru mencapai US$ 1,6 juta. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...