Tsunami Selat Sunda Sebabkan Puluhan Hotel Sekitar Carita Rusak Parah

Image title
Oleh Ekarina
26 Desember 2018, 13:29
Tsunami Selat Sunda
ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman
Sejumlah relawan mengumpulkan jasad korban meninggal dunia akibat gelombang tsunami untuk dievakuasi ke rumah sakit di Pantai Sembolo, Carita, Pandeglang, Banten, ke Puskesmas Labuhan, Minggu (23/12/2018). BPBD setempat mencatat sedikitnya 49 orang tewas, puluhan korban lainya hilang dan ratusan rumah hancur diterjangan tsunami di sepanjang pesisir Banten mulai Pantai Anyer, Carita, Panimbang hingga Tanjung Lesung.

Puluhan hotel, vila, beserta fasilitas pendukung pariwisata lain di sekitar Carita, Banten, rusak parah akibat diterjang tsunami yang melanda area Selat Sunda, Sabtu (22/12) malam lalu. 

Ketua Tim Tourism Crisis Center (TCC) Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Guntur Sakti mengatakan tercatat ada sekitar 69 hotel, villa,  60 warung makan dan toko mengalami kerusakan bangunan hingga 90%.

Ia menambahkan hotel dan penginapan di sekitar Carita mengalami kerusakan paling parah, di antaranya Hotel Mutiara Carita 35 cottage dan 24 kamar hotel rusak dengan kerusakan bangunan mencapai 85%. Sambolo Beach Bungalow juga demikian. Dari 31 bungalow yang tersisa, tiga bungalow dilaporkan mengalami kerusakan bangunan hingga 90%.

(Baca: Terdampak Tsunami Selat Sunda, Destinasi Wisata Lampung Selatan Lumpuh)

Selain itu Villa Rika Sambolo mengalami kerusakan bangunan hingga 90% dan Lucia Cottage dengan kerusakan bangunan 70%.

"Sebanyak 50 penginapan dan hotel tidak berdampak pada kerusakan tetapi berdampak pada tidak adanya pengunjung di sekitar Carita," kata Guntur Sakti, Rabu (26/12).

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...