IDN Media Dapat Pendanaan Seri C dari EV Growth dan LINE

Penulis: Desy Setyowati

Editor: Pingit Aria

8/1/2019, 17.05 WIB

IDN Media akan menggunakan investasi yang masuk untuk meningkatkan jumlah pembaca yang didominasi oleh Generasi Milenial dan Z.

IDN Media
IDN Times
Kantor IDN Media.

Perusahaan media IDN Media mengumumkan pendanaan Seri C yang dipimpin oleh EV Growth, sebuah joint venture East Ventures, Sinar Mas, dan Yahoo! Japan. Selain itu, pendanaan ini diikuti oleh True Digital & Media Platform milik Charoen Pokphand dan LINE Ventures.

Tanpa menyebut nilainya, Founder dan CEO IDN Media Winston Utomo menyampaikan, pendanaan ini hanyalah awal. "Pendanaan Seri C ini merupakan pencapaian penting, (tetapi) misi kami untuk menjadi suara bagi Generasi Milenial dan Z di Indonesia belum selesai," ujar Winston dikutip dari IDNTimes.com, Selasa (8/1).

Pendanaan seri C umumnya bernilai sekitar US$ 25 juta hingga US$ 100 juta untuk startup yang tengah ekspansi. Pada putaran pendanaan kali ini, IDN Media berencana meningkatkan jumlah pembaca yang didominasi oleh Generasi Milenial dan Z. Caranya, dengan strategi hyperlocal, memperkuat produk dan teknologi, mencari peluang kerjasama dan akuisisi yang strategis.

Founder dan COO IDN Media William Utomo mengklaim, perusahaannya berkembang pesat dalam setahun terakhir. "Kami telah bekerja sama dengan lebih dari 200 perusahaan atau klien untuk membantu mereka mengembangkan bisnisnya dengan menghubungkan mereka dengan pembaca kami," ujarnya.

(Baca juga: East Ventures Suntik Modal Rp 17,1 Miliar ke Platform Jual Beli Motor)

Sementara itu, Managing Partner EV Growth Willson Cuaca yakin IDN Media akan menjadi perusahaan yang sangat besar. "Mereka tak hanya visioner, namun juga sangat kuat dalam hal eksekusi dan operasional," kata dia.

Selain memiliki jumlah pembaca setia yang besar, menurut Willson, IDN Media merupakan perusahaan yang sehat. Buktinya, pertumbuhan pendapatan tahunan IDN Media signifikan dan sudah menghasilkan laba dalam beberapa kuartal terakhir. 

"Ini merupakan pencapaian yang sangat hebat bagi sebuah perusahaan startup. Meskipun pendanaan Seri C ini merupakan pencapaian yang besar bagi IDN Media, saya percaya ini masih hanya permulaan saja," kata Willson.

Hal senada disampaikan oleh Head of LINE Ventures Global Fund Kay Lim. "Founder dan tim IDN Media solid, kultur perusahaannya positif. Kami percaya bersama LINE dan partner lainnya, IDN Media dapat merevolusi industri media dan menjadi media digital terbesar di Asia Tenggara,” ujarnya.

Adapun IDN Media berdiri pada 8 Juni 2014 di Surabaya, Jawa Timur oleh kakak beradik Winston Utomo dan William Utomo. IDN Media memiliki visi untuk mendemokratisasi akses terhadap informasi yang akurat, berimbang, berguna, dan positif.

(Baca juga: Dapat Modal Rp 290 Miliar, EV Hive Bangun 100 Co-Working Space Baru)

Reporter: Desy Setyowati

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha