Persiapan Debat, Jokowi-Ma'ruf Dapat Masukan dari Para Pakar

Dimas Jarot Bayu
16 Januari 2019, 22:35
Persiapan Debat Capres Sesi I 2019
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Seorang karyawan melintas di panggung yang dipersiapakan untuk debat pertama capres-cawapres Pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (16/1/2019). Debat pertama yang akan diikuti pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma\'ruf Amin serta pasangan nomor urut 02 Prabowo dan Sandiaga Uno tersebut akan berlangsung pada Kamis 17 Januari 2019 pukul 20.00 WIB dengan mengangkat tema Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme.

Pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dibantu oleh beberapa pakar dalam persiapan Debat Pilpres perdana yang akan berlangsung pada Kamis (17/1). Yusril Ihza Mahendra hingga Tina Talisa merupakan para pakar yang membantu Jokowi-Ma'ruf dalam debat publik tersebut.

Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Erick Thohir menjelaskan, Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra membantu Jokowi-Ma'ruf dalam debat pertama yang mengambil tema hukum, hak asasi manusia (HAM), korupsi, dan terorisme. Mantan presenter televisi Tina Talisa ikut membantu persiapan debat dalam hal penampilan di depan kamera dan cara berbicara di depan publik. Selain itu, Jokowi-Ma'ruf dibantu oleh konsultan komunikasi Riza Primadi.

Advertisement

"Riza Primadi, Tina Talisa, Pak Yusril, ya kan bantu (persiapan debat)," kata Erick di Djakarta Theatre, Jakarta, Rabu (16/1) malam. Lebih lanjut, Jokowi-Ma'ruf juga dibantu oleh Staf Mahfud MD, Rizal Mustary. Rizal diketahui pernah malang melintang di dunia jurnalistik sebagai wartawan SCTV dan Trans TV.

Wartawan lain yang ikut membantu Jokowi-Ma'ruf mempersiapkan debat, yakni Arya Sinulingga. Selain menjadi juru bicara TKN Jokowi-Ma'ruf, Arya saat ini menjabat sebagai Direktur Pemberitaan (nonaktif) MNC Media Group.

Erick menambahkan, Jokowi-Ma'ruf juga dibantu persiapan debat oleh Plt Ketua DPD Golkar DKI Rizal Mallarangeng dan politisi PDIP yang juga Direktur Program TKN Jokowi-Ma'ruf, Aria Bima. Ada pula nama Ketua Kelompok Kerja Industri Kreatif KEIN Irfan Wahid alias Ipang Wahid.

Direktur Komunikasi Politik TKN Jokowi-Ma'ruf, Usman Kansong menambahkan, pasangan calon nomor urut 01 juga dibantu Direktur Hukum dan Advokasi TKN Jokowi-Maruf, Ade Irfan Pulungan. Irfan akan memberikan kisi-kisi terkait tema hukum.

Ada pula nama aktivis lingkungan yang membantu persiapan debat Jokowi-Maruf, yakni Emi Hafidz dan Agus Sari. "Mereka membuat masukan, pointers-pointers, itu kira-kira begitu," kata Usman.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement