Prabowo Usung Rasio Pajak 16% untuk Naikkan Gaji PNS

Ameidyo Daud Nasution
17 Januari 2019, 21:43
Debat Capres
Antara Foto/Aprillio Akbar
Calon Presiden Nomor Urut 02, Prabowo Subianto tiba untuk mengikuti debat pertama Pilpres 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1/2019).

Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo-Maruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menyinggung isu birokrasi dalam debat perdana Pilpres 2019. Prabowo menyinggung gaji Pegawai Negari Sipil yang terlalu kecil yang menjadi pemicu tindakan korupsi para birokrat.

"Walau ada tunjangan macam-macam, namun ada ketakutan para birokrat akan masa depan mereka. Di situlah terjadi sikap ragu-ragu dan sikap tidak kuat mendapat godaan," kata Prabowo dalam debat Pilpres 2019, Kamis (17/1).

Advertisement

Prabowo mengusung ide peningkatan gaji birokrat dengan meningkatkan rasio pajak dari saat ini 10% menjadi 16%. Dirinya menaksir, apabila rasio pajak meningkat negara akan mendapatkan US$ 60 miliar.

“Jadi gaji birokrat bisa meningkat signifikan,” ujar dia. (Baca juga: Saling Serang Isu Hukum, Jokowi Sindir Hoaks Ratna Sarumpaet)

Menanggapi Prabowo, Jokowi mengatakan tak setuju dengan pernyataan bahwa akar persoalan korupsi di Indonesia adalah rendahnya penghasilan birokrat.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement