Hasil Survei: Jokowi Tampil Paling Baik dalam Debat Pertama Pilpres

Dimas Jarot Bayu
18 Januari 2019, 23:01
Debat Capres I 2019
Arief Kamaludin | Katadata
Paslon 01, Joko Widodo dan Kh Ma'ruf Amin saat Debat Capres I 2019 yang diselenggarakan KPU Pusat di Jakarta, Kamis, (17/1/2019)

Debat calon presiden (capres) 2019 putaran pertama telah digelar kemarin malam. Mata publik tersedot pada penampilan kedua pasangan: Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Lalu, siapa di antara mereka yang penampilannya dinilai paling elok?

Telesurvei yang dilakukan KedaiKOPI –sebuah Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia- bekerja sama dengan Katadata Insight Center (KIC) memperlihatkan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo dinilai sebagai kandidat yang tampil paling baik. Sebanyak 56,6 persen responden memberi nilai positif bagi mantan Wali Kota Solo itu.

Advertisement

(Baca juga: Jokowi dan Prabowo Saling Rebut Suara Mengambang di Debat Capres)

Sementara itu, 23,9 persen responden menyatakan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto sebagai kandidat yang tampil paling baik dalam debat. Peringkat ketiga dengan skor 12 persen jatuh pada calon wakil presiden Sandiaga Uno. Dengan demikian Ma’ruf Amin pada posisi buncit, hanya 0,6 persen. Sementara 6,9 persen beranggapan semua kandidat sama bagusnya.

Lebih lanjut, Jokowi dianggap sebagai kandidat dengan pemaparan paling jelas. Ada 54,7 persen responden yang menyatakan hal tersebut. Dalam hal ini, Prabowo kembali di urutan kedua dengan tingkat penilaian 27 persen.

Sebanyak 10,7 persen responden menilai Sandiaga sebagai kandidat dengan pemaparan paling jelas. Hanya 1,9 persen responden yang menilai Ma'ruf sebagai kandidat yang pemaparannya paling jelas. Adapun 5,7 persen responden menilai seluruh kandidat sama bagusnya ketika memberikan pemaparan. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement