KPU Rancang Satu Segmen Khusus Tanpa Durasi Spesifik dalam Debat Kedua

Dimas Jarot Bayu
25 Januari 2019, 19:27
Debat Capres I 2019
Arief Kamaludin | Katadata
Ketua KPU Arief Budiman (tengah) bersama pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo (kedua kiri) dan Ma'ruf Amin (kiri) serta pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto (kedua kanan) dan Sandiaga Uno (kanan) bersiap mengikuti debat pertama Pilpres 2019, di Jakarta, Kamis (17/1/2019). Debat mengangkat tema Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) merancang satu segmen khusus dalam debat kedua Pilpres 2019. Dalam segmen tersebut durasi bagi para calon presiden (capres) untuk menjawab pertanyaan dan menanggapi tidak diatur secara spesifik.

Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo dan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dapat saling menjawab dan menanggapi tanpa terpotong durasi. Meski demikian, jalannya debat tetap dipandu oleh moderator.

Advertisement

"Durasi total 10 menit misalkan, kami berikan utuh kepada moderator, mereka (antarcalon presiden) bisa saling menjawab dan menanggapi. Sepenuhnya kami tidak atur," kata Ketua KPU Arief Budiman di kantornya, Jakarta, Jumat (25/1).

Menurut Arief, nuansa debat pertama Pilpres 2019 sudah terasa mulai dari segmen dua hingga lima. Sebab, masing-masing pasangan calon dalam debat pertama sudah cukup baik dalam menjawab dan menanggapi.

Hanya saja, dia menginginkan agar nuansa tersebut semakin kental pada debat kedua Pilpres 2019 ini. Hal tersebut yang menjadi pertimbangan diusulkannya satu segmen khusus dalam debat kedua Pilpres 2019. "Supaya lebih greget, jauh lebih debat," kata Arief.

Walau begitu, usulan ini masih dikaji secara lebih komprehensif. KPU masih meminta agar stasiun televisi penyelenggara debat untuk mengatur susunan acaranya.

Debat kedua Pilpres 2019 rencananya akan diselenggarakan pada 17 Februari 2019. Debat antarcalon presiden ini akan mengusung tema energi dan pangan, SDA dan lingkungan hidup, serta infrastruktur.

Debat ini akan diselenggarakan oleh televisi yang berada di bawah naungan Grup MNC, yakni RCTI, GTV, MNC TV, dan iNews TV. Adapun, debat akan dimoderatori oleh Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement